Kembali Digelar, Program Safari Ramadhan Salurkan Bantuan untuk Warga Tarakan

Kompas.com - 20/05/2019, 15:50 WIB
Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (ketiga dari kanan) menyerahkan simbolis bantuan santunan anak yatim yang disaksikan oleh Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN RI Eko Setiawan (kedua dari kiri) dan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Syaiful Herman (paling kiri) saat acara Safari Ramadhan BUMN Hadir untuk Negeri di Tarakan, Jumat (17/5).Dok. Humas Telkom Indonesia Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (ketiga dari kanan) menyerahkan simbolis bantuan santunan anak yatim yang disaksikan oleh Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN RI Eko Setiawan (kedua dari kiri) dan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Syaiful Herman (paling kiri) saat acara Safari Ramadhan BUMN Hadir untuk Negeri di Tarakan, Jumat (17/5).

KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama dengan bersama Perum Jamkrindo dan PT Pupuk Kalimantan Timur ( Pupuk Kaltim) menyerahkan bantuan kepada 1.000 anak yatim, pesantren, serta sarana ibadah.

Ada 5 pesantren dan sarana ibadah yang menerima bantuan, yakni Panti Asuhan Al Marhamah, Panti Asuhan Raudhatul Jannah, Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an, Mesjid Darul Faizin dan Hidayatul Malinau.

Sementara itu, untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dasar, Telkom juga menyalurkan bantuan elektrifikasi untuk 50 rumah, pembangunan Sarana Air Bersih di 2 titik dan 50 pintu MCK, program bantuan untuk 10 rumah karyawan BUMN dan Masyarakat.

Penyerahan bantuan itu merupakan bagian dari kegiatan Safari Ramadhan yang menjadi kegiatan pembuka rangkaian "BUMN Hadir untuk Negeri 2019" di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (17/5/2019).

Safari Ramadhan merupakan bagian dari program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Kegiatan ini melibatkan seluruh BUMN dan digelar serentak di seluruh Indonesia pada bulan Ramadhan.

Direktur IT & Network Solution Telkom Zulhelfi Abidin, dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Safari Ramadhan ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik serta memberikan berkah bagi masyarakat.

“Melalui kegiatan ini kami dapat memanfaatkan momentum Ramadhan untuk berkumpul bersama dengan adik-adik kita tercinta serta rekan-rekan yang membutuhkan untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama,” ujar Zulhelfi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (20/5/2019).

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (kedua dari kanan) menyerahkan simbolis bantuan sarana ibadah yang disaksikan oleh Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN RI Eko Setiawan (paling kanan) saat acara Safari Ramadhan BUMN Hadir untuk Negeri di Tarakan, Jumat (17/5).Dok. Humas Telkom Indonesia Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (kedua dari kanan) menyerahkan simbolis bantuan sarana ibadah yang disaksikan oleh Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN RI Eko Setiawan (paling kanan) saat acara Safari Ramadhan BUMN Hadir untuk Negeri di Tarakan, Jumat (17/5).
Tak hanya itu, Telkom bekerjasama pula dengan Badan Amil Zakat Nasional untuk menyalurkan 2.000 paket sembako yang digelar di dua lokasi, yakni di Juata Laut dan Islamic Center.

Setiap paket sembako yang disalurkan terdiri dari 10 kg beras, 3 kg gula, 2 liter minyak goreng, dan 2 kaleng susu kental manis. Selain itu, disalurkan pula bantuan beasiswa senilai total Rp 125 juta untuk 25 siswa SD, SMP, dan SMA.

Selain Safari Ramadhan, Program BUMN Hadir untuk Negeri pun terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu Mudik Gratis, Siswa Mengenal Nusantara, Peringatan HUT Republik Indonesia ke-74, Jalan Sehat, Elektrifikasi, Penyediaan Sarana Air Bersih (SAB) dan Mandi Cuci Kakus (MCK), Rumah Karyawan BUMN & Masyarakat, Beasiswa dan Pasar Murah.

"Kami adalah badan usaha milik negara yang akan selalu mendorong peningkatan kualitas masyarakat. Sebagai perusahaan yang lahir, tumbuh, dan berkembang bersama masyarakat," terang Zulhelfi.

Lebih lanjut, dia mengatakan, ke depan pihaknya akan terus menggelar kegiatan serupa untuk turut membantu mensejahterakan masyarakat melalui program-program corporate social responsibility (csr).

Sebagai informasi, Safari Ramadhan di Tarakan dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Syaiful Herman, yang mewakili Gubernur Kalimantan Utara.

Hadir pula Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN RI Eko Setiawan, Wali Kota Tarakan dr. Khairul, dan perwakilan Direksi Perum Jamkrindo dan Pupuk Kaltim.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X