Mudik dengan Pesawat, Kereta, atau Bus, Mana Lebih Hemat?

Kompas.com - 21/05/2019, 11:41 WIB
Ilustrasi mudik gratis.KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Ilustrasi mudik gratis.

KOMPAS.com - Sudahkah Anda membeli tiket untuk mudik? Atau malah ada yang belum dapat? Yang pasti, pilihlah moda kendaraan yang membuat Anda nyaman dan pas di dompet.

Biasanya, jika membeli tiket jelang Lebaran, harganya sudah melambung tinggi. Maka banyak juga masyarakat yang membeli tiket untuk mudik sejak sebulan hingga dua bulan sebelumnya.

Lantas, moda transportasi apa yang lebih hemat? Apa plus dan minusnya moda transportasi tersebut dibandingkan lainnya?

Kompas.com membuat perbandingan harga dengan menentukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya untuk keberangkatan tanggal 31 Mei 2019.

Baca juga: Kemenhub: Bus Trans Jawa Diluncurkan 27 Mei

Berikut informasi yang dihimpun berdasarkan penelusuran harga tiket di Tiket.com dan Redbus.id :

1. Pesawat

Banyak pilihan maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan dari Jakarta menuju Surabaya. Untuk penerbangan langsung tanpa transit, harganya mulai dari Rp 1,1 juta untuk maskapai Lion Air, kemudian Batik Air, Citilink, dan Sriwijaya Air bisa dijangkau dengan harga mulai dari Rp 1,2 juta hingga Rp 1,3 juta. Garuda Indonesia juga menawarkan tiket seharga Rp 1,4 juta.

Sementara untuk penerbangan dengan transit, tiket Wings Air, Lion Air, dan Batik Air dibanderol Rp 1,6 juta hingga yang paling mahal Rp 4 juta-an untuk Garuda Indonesia.

Baca juga: 4 Titik Rawan Macet yang Perlu Diwaspadai Saat Mudik

2. Kereta Api

Moda kereta dari Jakarta menuju Surabaya menawarkan lebih banyak pilihan. Anda bisa membeli tiket kereta ekonomi mulai dari Rp 104.000 untuk Gaya Baru Malam Selatan, Kertajaya seharga Rp 200.000, serta kereta Jayabata, Jayakarta, Sembrani, Gumarang, Bima, dan Argo Anggrek hingga harga Rp 750.000 untuk kelas ekonomi dan tanpa transit.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X