Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Umumkan Hasil Rekapitulasi Pilpres, IHSG Melesat

Kompas.com - 21/05/2019, 12:20 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja mengumumkan hasil rekapitulasi suara pilpres pada Selasa (21/5/2019). Hasilnya, jumlah suara pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini dibuka menghijau seakan menyambut hasil tersebut.

Mengutip Bloomberg, IHSG pada perdagangan hari ini dibuka menghijau di level 5.925,42, menguat dibandingkan posisi penutupan sehari sebelumnya, yakni 5.907,12. Di akhir perdagangan sesi pertama, IHSG bertengger di level 5.964,91, menguat 57,79 poin atau 0,98 persen.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djayadi pun mengatakan seiring dengan diumumkannya hasil pemilu tersebut, investor yang tadinya cenderung wait and see akan kembali masuk ke pasar saham. Pasalnya, dalam satu minggu terakhir IHSG telah mengalami penurunan yang cukup dalam.

Baca juga: Sepekan Lalu IHSG Anjlok 6,16 Persen, Ini Penjelaskan BEI

"Kami harapkan pengumuman itu tidak ada apa-apa. Saya yakin sekali. Jadi kembali lagi kemarin-kemarin itu memang agak overshoot sehingga sekarang sudah mulai collect (saham) lagi (investor)," ujar dia di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Inarno menyebut pihaknya optimistis laju IHSG bisa terus menghijau ke depan. Hal tersebut sudah tecermin dalam pergerakan IHSG yang membaik dalam dua hari belakangan.

Dia menjelaskan, investor cenderung untuk menahan diri atau wait and see lantaran mereka menunggu kepastian atas penyelenggaraan pemilu berlangsung aman.

"Bisa dilihat kan sekarang, bagaimanapun sudah mulai hijau walaupun saya katakan kenapa hijau karena kemarin sudah oversold," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com