Hasil Rekapitulasi KPU Beri Kepastian Pasar, IHSG Ditutup Hijau

Kompas.com - 21/05/2019, 18:01 WIB
Ilustrasi bursathikstock Ilustrasi bursa

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) ditutup hijau pada sore ini, Selasa (21/5/2019). IHSG ditutup menguat 44,25 poin (0,74 persen) ke 5.951,372.

Adapun pada pembukaan perdagangan Selasa, IHSG menguat 33,57 poin (0,57 persen) ke 5.940,693.

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) baru saja mengumumkan hasil rekapitulasi suara pada Selasa (21/5/2019). Hasilnya, jumlah suara pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih unggur dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: KPU Umumkan Hasil Rekapitulasi Pilpres, IHSG Melesat

Sebelumnya, Direktur Utama BEI Inarno Djayadi pun mengatakan seiring dengan diumumkannya hasil Pemilu tersebut, investor yang tadinya cenderung wait and see akan kembali masuk ke pasar saham. Pasalnya, dalam satu minggu terakhir, IHSG telah mengalami penurunan yang cukup dalam.

"Kami harapkan pengumuman itu (KPU) tidak ada apa-apa. Saya yakin sekali. Jadi kembali lagi kemarin-kemarin itu memang agak overshoot sehingga sekarang sudah mulai collect (saham) lagi (investor)," ujar dia di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Adapun Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan, dengan diumumkannya hasil rekapitulasi tersebut, investor akan mendapatkan kepastian terhadap kondisi politik dalam negeri. Hal tersebutlah yang membuat mereka kembali masuk ke pasar saham.

Baca juga: Pasca Rekapitulasi Suara, Rupiah Melemah Setelah 22 Mei

Selain itu, ada pula faktor kejenuhan pasar akibat IHSG dalam sepekan terakhir sudah mengalami penurunan cukup dalam hingga 6,8 persen.

"Menurut saya faktor utama adalah karena pelemahan sepekan terakhir sudah cukup jauh. Sudah masuk ke level oversold. Kalau secara teknikal analisis bisa disebut technical rebound," jelas dia.

Dia pun optimistis pergerakan IHSG ke depan akan cenderung lebih stabil, terutama jika stabilitas politik pasca pemilu juga terjaga.

"Ke depan saya lihat si mungkin akan stabil ya. Kita harap ada kestabilan politik juga sehingga meningkatkan kepercayaan investor," jelas Dennies.




Close Ads X