Sentimen Eksternal Masih Hambat Pergerakan Rupiah

Kompas.com - 21/05/2019, 19:53 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Sentimen eksternal masih menjadi pemberat rupiah. Buktinya hari ini, pergerakan mata uang Garuda di pasar spot masih melemah 0,17 persen menjadi Rp 14.480 per dollar Amerika Serikat (AS).

Namun, kurs tengah rupiah di Bank Indonesia (BI) justru menguat 0,11 persen menjadi Rp 14.462 per dollar AS. Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, katalis dari perang dagang yang justru kian panas masih menghambat pergerakan rupiah di pekan ini.

Semakin membaranya perang dagang antara dua negara adikuasa ini terjadi setelah Google memutuskan hubungan bisnis dengan Huawei. Alhasil, pelaku pasar semakin memilih untuk berlindung pada aset lindung nilai ketimbang masuk ke emerging market.

Tekanan pada kurs rupiah juga semakin besar karena di saat yang sama permintaan the greenback di dalam negeri sedang meningkat sejalan dengan musim dividen.

Baca juga: Pasca Rekapitulasi Suara, Rupiah Melemah Setelah 22 Mei

"Mendekati akhir bulan, juga permintaan dollar AS semakin tinggi karena jatuh tempo pembayaran utang," jelas dia, Selasa (21/5/2019).

Mata uang Garuda juga ikut terseret karena dollar Australia melemah akibat pernyataan Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Philip Lowe yang mendukung pemangkasan suku bunga.

Sementara itu, pengumuman hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menjadi faktor dominan untuk pergerakan rupiah.

Lebih lanjut Josua mengatakan, pergerakan rupiah pada Rabu (22/5/2019) masih menanti pidato Gubernur The Federal Reserve Jerome Powell pada Financial Markets Conference malam ini.

"Pelaku pasar menanti pidato Powell mengenai arah kebijakan moneter setelah perang dagang kembali memanas. Jika pidatonya dovish, rupiah memiliki peluang untuk rebound," tegas dia.

Baca juga: Kurs Rupiah Tertekan Defisit Neraca Dagang dan Perang Dagang

Karena itu, Josua memperkirakan, pergerakan kurs rupiah esok ada di kisaran Rp 14.450-Rp 14.500 per dollar AS. (Anna Suci Perwitasari)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Sentimen eksternal masih hambat pergerakan rupiah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.