Jumlah Penumpang Pesawat di Lebaran 2019 Diprediksi Turun

Kompas.com - 22/05/2019, 07:25 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti saat meninjau Bandara Silampari, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Kamis (7/3/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti saat meninjau Bandara Silampari, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Kamis (7/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan memprediksi pertumbuhan jumlah penumpang pesawat pada Lebaran 2019 ini akan menurun ketimbang tahun lalu. Penurunan pertumbuhan pengguna pesawat diperkirakan sebesar 2,11 persen.

Hal tersebut dikemukakan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti saat rapat koordinasi terkait penyelenggaraan angkutan Lebaran di Kemenhub, Selasa (21/5/2019).

“Perkiraan memang tahun ini akan ada penurunan pertumbuhan jumlah penumpang, di mana sebelumnya tahun 2018 growth-nya penerbangan domestik 4,49 persen, lebaran tahun ini diprediksi 2,38 persen," ujar Polana.

Selain jumlah penumpang rute domestik, Polana juga memprediksi minat masyarakat untuk berpergian ke luar negeri juga akan menurun di Lebaran tahun ini.

“Penerbangan luar negeri tahun lalu 11 persen, tahun ini turun jadi 7,8 persen,” kata Polana.

Menurut Polana, penurunan pertumbuhan penumpang rute domestik ini disebabkan karena infrastruktur jalur darat yang semakin baik. Terutama dengan adanya Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

“Ya infrastruktur lebih bagus, sekarang penumpangnya banyak pilihan (moda transportasi),” ucap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.