Puncak Transaksi Belanja Online Diprediksi Saat Uang THR Cair

Kompas.com - 22/05/2019, 08:03 WIB
Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar (tengah) meluncurkan program Big Ramadan Sale usai konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/4/2019).KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar (tengah) meluncurkan program Big Ramadan Sale usai konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Transaksi belanja online di e-commerce meningkat signifikan selama bulan Ramadhan. Di Shopee, pada minggu pertama Ramadhan 2019, terjadi peningkatan transaksi belanja tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Sementara traffic orang yang mengakses Shopee meningkat empat kali lipat di bulan Ramadhan, ketimbang bulan biasa.

Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar mengatakan, pertumbuhan ini diprediksi terus meningkat pasca penerimaan tunjangan hari raya.

"Orang dapat THR biasanya seminggu atau dua minggu sebelum Lebaran. Biasanya orderan akan naik di saat seperti itu," ujar Rezki di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Rezki mengatakan, THR merupakan sesuatu yang sangat ditunggu. Terutama bagi mereka yang sudah berencana membelanjakannya untuk membeli barang yang agak mahal.

Oleh karena itu, transaksi penjualan barang online lebih tinggi dari hari lainnya di bukan Ramadhan. Memanfaatkan potensi tersebut, Shopee memberikan berbagai promo, seperti Goyang Shopee, Serba Rp 10.000, dan Gratis Ongkir.

"Data dari survei, 60 persen responden memilih menggunakan THR untuk belanja. Dan 66 persen responden memilih belanja online karena banyak promo," kata Rezki.

Di Ramadhan tahun lalu, terdapat dua hari di mana dalam satu harinya tercatat 1,5 juta transaksi di Shopee. Jika dilohat dari tanggalnya, bertepatan dengan tanggal orang baru mendapatkan THR.

Promo Ramadhan Big Sale Shopee tahun ini berlangsung sejak 22 April hingga 31 Mei 2019. Nantinya, puncak belanja online diprediksi terjadi tanggal 24 Mei 2019. Di tanggal itu pula, Shopee mempersiapkan acara khusus bagi pelanggannya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X