Jasa Marga Tambah Gardu Tol untuk Antisipasi Lonjakan Arus Mudik

Kompas.com - 22/05/2019, 09:00 WIB
Gerbang Tol Jombang-Mojokerto. KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDERGerbang Tol Jombang-Mojokerto.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggara jasa jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. telah menambah sejumlah gardu di ruas Tol Trans Jawa guna menghadapi lonjakan arus mudik lebaran 2019 ini. Upaya ini diambil setelah dilakukan pengamatan beberapa waktu lalu.

"Gerbang-gerbang utama yang ada sudah kita review dan kita tambah gardu-gardunya. Sehingga kapasitasnya lebih tinggi lagi," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani ditemui di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Desi mengatakan, dengan adanya penambahan gardu itu diharapkan bisa menampung tingginya volume kendaraan yang akan masuk dan gunakan jalan tol. Meskipun jika nantinya ada lonjakan tetap masih diatasi sehingga tidak ada antrean panjang.

"Bisa menampung arus mudik," ujarnya.

Kendati demikian, Desi tidak menyebutkan berapa bayak gardu tol yang tambah dan seperti apa sebarannya dalam rangka antisipasi lonjakan arus mudik tahun ini.

Dia menambahkan, langkah lain yang akan diambil ialah dengan memindahkan dua gerbang tol. Yaitu Gerbang Tol Jakarta-Cikampek dan Gerbang Tol Cikarang Utama.

Pilihan ini diyakini bisa memecah dan mengurangi volume kendaraan yang akan melintas gunakan ruas jalan tol.

"Itu grafiknya sudah terpecah, sudah separuh-separuh. Ya sudah, satu lagi (soal) one way kita tunggu kebijakannya (Kementerian Perhunungan)," tambahnya.

Ia mengungkapkan, para pemudik yang akan melintas dengan menggunakan jalan tol harus mewaspadai beberapa hal, utamanya mengenai kemacetan. Yakni gerbang tol dan rest area di bahu jalan tol.

"Yang pertama gerbang-gerbang (tol) jelas. Kemudian rest area-rest area.  Karena masyarakat biasanya tetap memaksa masuk, walaupun kita sudah tutup. Masyarakat terus maksa parkir dan jalan lagi gitu," sebutnya.

"Untuk infrastruktur dan rambu-rambu) sudah semua. Sudah 100 persen," lanjut Desi.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X