Mau Anak Anda Seperti Bill Gates? Tiru Cara Asuh Orang Tuanya

Kompas.com - 22/05/2019, 16:37 WIB
Bill Gates menyebut dunia belum siap jika pandemik baru menyerang kitascience alert Bill Gates menyebut dunia belum siap jika pandemik baru menyerang kita

NEW YORK, KOMPAS.com - Membesarkan seorang legenda dan miliarder tak lagi hanya mimpi. Namun, Anda jangan hanya mengandalkan buku psikologi dan buku panduan lainnya untuk membesarkan anak Anda menjadi sukses.

Praktikkanlah juga cara asuh orang tua pendiri Microsoft dan miliarder Bill Gates terhadap putranya.

Dikutip dari CNBC, Rabu (22/5/2019), inilah cara asuh orang tua Gates yang patut Anda tiru.

1. Tidak batasi kebebasan anak

Semasa kanak-kanak, Gates haus akan kebebasan, dan orang tuanya memberinya banyak kebebasan untuk melakukan apa yang diinginkannya.

Dalam sebuah wawancara, ayah Gates, William Gates Sr mengatakan, sang putra  menghabiskan banyak waktu di luar rumah pada usia 13 tahun. Bahkan, Gates menginap untuk menikmati penggunaan teknologi tanpa batas di University of Washington.

Tetapi, Gates muda tak selalu belajar, dia juga dikenal sebagai seorang pengganggu. Orang tuanya memutuskan untuk membawa Gates ke psikiater.

Baca juga: 7 Fakta soal Kekayaan Bill Gates yang Perlu Anda Tahu

Setelah beberapa konsultasi dengan terapis, mereka hanya disarankan untuk memberi Gates lebih banyak waktu luang. Rupanya dari sesi konsultasi dengan psikiater tersebut, Gates mendapatkan manfaat.

Psikolog meyakinkan bahwa dirinya tidak adil jika menantang orang tuas tapi tidak benar-benar bisa membuktikan apapun.

"Kemudian pada usia 14 tahun, saya berusaha mengatasi hal itu dan senangnya orang tua saya mendukung kemajuan saya," cerita Gates.

2. Dukung anak

Orang tua Gates tidak mengizinkannya menyerah pada hal-hal yang tidak dia kuasai. Gates terampil dalam banyak hal.

Halaman:



Close Ads X