Tiket Pesawat Mahal, AP I Kehilangan Keuntungan Rp 300 Miliar

Kompas.com - 22/05/2019, 21:51 WIB
Tempat pengambilan bagasi penumpang di Bandara Soekarno Hatta KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENATempat pengambilan bagasi penumpang di Bandara Soekarno Hatta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I mengaku mengalami penurunan jumlah penumpang sejal awal tahun hingga Mei 2019 ini. Salah satu faktor yang menunjang terjadinya penurunan penumpang itu karena mahalnya harga tiket pesawat.

"Jadi penurunan traffic sampai dengan Mei ini ya ke kita itu sekitar 15 sampai 20 persen penurunannya dibandingkan tahun lalu," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Faik mengatakan, penurunan jumlah penumpang itu terjadi di 14 bandara yang dikelola perseroannya. Penurunan jumlah penumpang itu pun berimbas kepada revenue perusahaan.

"Dampak terhadap finansial hitungan kita kemarin sampai dengan bulan Mei sekitar Rp 300 miliar lah dari awal tahun," kata Faik.

Baca juga: Netizen Minta Harga Tiket Pesawat Kembali Murah, Ini Kata Menhub

Untuk mensiasati penurunan pendapatan dari penumpang di bandara, AP I berupaya menggenjot pendapatannya di sektor non-aeronautica.

"Jadi ini total revenue masih bisa kita capai, sehingga enggak ada rencana melakukan reschedule kegiatan investasi kita, karena investasi yang kita lakukan tahun ini Rp 17,5 triliun," ucap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.