Kompas.com - 23/05/2019, 07:03 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti saat meninjau Bandara Silampari, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Kamis (7/3/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti saat meninjau Bandara Silampari, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Kamis (7/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti mengimbau kepada semua operator di bidang penerbangan untuk mengetatkan keamanan di bandara.

Imbauan itu berlaku bagi pengelola bandara, regulated agent, maskapai, serta pengelola navigasi penerbangan.

Menurut Polana, peningkatan keamanan dilakukan untuk menghadapi lonjakan pada saat Angkutan Lebaran 2019.

"Pengamanan di bandar udara harus ditingkatkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada calon pengguna jasa angkutan udara,” ujar Polana dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/5/2019).

Polana menjelaskan, bandara merupakan salah satu obyek vital nasional. Maka dari itu, keamanannya harus dijaga dan perlu dilakukan langkah-langkah dalam pemeriksaan keamanan penerbangan yang semakin mendetil untuk mencegah terjadinya pelanggaran maupun gangguan yang mengancam operasional penerbangan.

Salah satunya, dengan kegiatan patroli keamanan secara intensif dengan berpegang teguh pada prinsip – prinsip dasar keamanan penerbangan. Jika terjadi kelalaian yang dapat membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan dapat diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Khusus untuk maskapai penerbangan nasional dan asing, diinstruksikan untuk melakukan pencocokan terhadap calon penumpang yang akan lapor diri (check in) beserta bagasinya. Sementara, untuk Regulated Agent, diminta untuk memeriksa kelengkapan dokumen kiriman berupa kargo dan pos," ucap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.