THR PNS Baru Cair Sebagian, Nilainya Rp 10 Triliun

Kompas.com - 23/05/2019, 14:09 WIB
KSSK memberi pernyataan soal kondisi perekonomian terkini di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (23/5/2019).KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA KEMALA KSSK memberi pernyataan soal kondisi perekonomian terkini di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengalokasikan tunjangan hari raya ( THR) pegawai negeri sipil (PNS) sebesar Rp 20 triliun. Hingga saat ini, penyaluran THR sudah terealisasi sebagian.

"Pembayaran THR sudah terealisasi lebih dari Rp 10 triliun atau separuhnya," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Sri Mulyani mengatakan, kinerja belanja pemerintah membaik sejak kuartal I dan akan berlanjut ke kuartal II. Salah satunya terlihat dari pembayaran THR yang lancar tanpa kendala.

Ia berharap pelaksanaan hari raya tidak terganggu karena penyaluran THR akan terpenuhi 100 persen dalam waktu dekat.

Baca juga: Rupiah Melemah karena Kerusuhan? Ini Kata Sri Mulyani

"Biasanya dengan berkumpul bersama sanak saudara di hari raya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian kita," kata Sri Mulyani.

Belanja pemerintah yang positif di kuartal I 2019 menjadi salah satu faktor pendongkrak pertumbuhan ekonomi. Sementara itu, dari sisi akselerasi belanja pemerintah lainnya tetap terjaga. Dengan demikian, momentum belanja negara bisa memberikan sumbangan positif bagi pertumbuhan ekonomi.




Close Ads X