Tiga Kesalahan Profil LinkedIn yang Bisa Bikin Anda Gagal Dapat Kerja

Kompas.com - 24/05/2019, 08:35 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Mencari pekerjaan bagi seseorang yang baru lulus kuliah merupakan hal yang luar biasa.

Kebanyakan, mereka yang baru lulus kuliah akan memaksimalkan apa pun yang tersedia selagi hal tersebut bisa menguntungkan mereka dalam mencari sebuah pekerjaan.

Salah satunya dengan menggunakan platform LinkedIn. Menurut pakar karier LinkedIn, Blair Decembrele, ada sekitar 20 juta pekerjaan yang tersedia di platform tersebut saat ini.

Bahkan, tiap 8 detik sekali ada perekrutan pekerjaan yang didapat dari platform tersebut.

Baca juga: Tips dari Pakar untuk Dapat Pekerjaan lewat LinkedIn

“Itu berarti ada banyak peluang di luar sana saat ini. Untuk lulusan baru-baru, Anda harus memulai memikirkan tujuan Anda, dan apa yang diinginkan dari tujuan karier Anda,” ujar Decembrele seperti dikutip dari CNBC, Jumat (24/5/2019).

Decembrele pun merinci tiga kesalahan umum yang dilakukan orang yang baru lulus kuliah di LinkedIn yang menutup kesempatan mereka bisa direkrut oleh perusahaan.

1. Meninggalkan informasi penting

Menurut Decembrele, profil di LinkedIn sama halnya dengan kesan pertama Anda di dunia pekerjaan. Atas dasar itu, penting untuk tak meninggalkan informasi dasar yang memberikan konteks kepada pemberi kerja tentang siapa Anda.

Hal ini termasuk foto profil yang sesuai, nama sekolah, jurusan dan detail tentang kegiatan magang yang pernah Anda ikuti sebelumnya.

“Profil (LinkedIn) yang disertai dengan foto mendapat 21 kali lebih banyak kunjungan daripada yang tidak,” kata Decembrele.

Baca juga: Linkedin: Pekerja di Indonesia Paling Optimistis ketimbang Negara Lain

Halaman:


Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X