Pelindo I Siap Layani Angkutan Mudik Lebaran

Kompas.com - 24/05/2019, 12:12 WIB
Terminal Penumpang Bandardeli, Pelabuhan Belawan, terminal penumpang terbesar di Pulau Sumatera KOMPAS.com / Mei LeandhaTerminal Penumpang Bandardeli, Pelabuhan Belawan, terminal penumpang terbesar di Pulau Sumatera

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) fokus pada aspek pelayanan dan kenyamanan penumpang guna memperlancar angkutan Lebaran tahun 2019. Pelabuhan- pelabuhan Pelindo I pun telah siap melayani angkutan mudik.

Hal itu dapat dilihat dari kesiapan 8 cabang pelabuhan dalam melayani angkutan lebaran, yakni Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Tembilahan. Perseroan telah mengantisipasi lonjakan arus mudik yang diprediksi meningkat setiap tahunnya.

Berbagai persiapan yang dilakukan Pelindo I guna meningkatkan pelayanan dan memperlancar angkutan lebaran antara lain kesiapan dermaga, Sistem dan Prosedur Pelayanan Kapal Sembako, gudang dan lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan, serta kesiapan informasi dan teknologi.

Baca juga: Pelindo I Sambut Kapal Perdana yang Bersandar di Tahun 2019

Fasilitas umum tambahan juga akan disiapkan seperti tenda, toilet, metal detector, tenaga medis, fasilitas parkir tambahan, dan media informasi kepada penumpang, pengantar/penjemput seperti sound system, spanduk, banner, dan leaflet informasi.

“Pelindo I terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan di seluruh terminal penumpang yang akan mengakomodasi keberangkatan dan kedatangan arus mudik," kata VP Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami dalam pernyataannya, Jumat (25/5/2019).

Slaah satunya, imbuh Fiona, adalah Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan. Pelabuhan ini merupakan terminal penumpang terbesar di Pulau Sumatera yang mampu menampung 2.500 orang dan telah dilengkapi dengan dua unit garbarata.

Baca juga: Pelindo I Lepas Ekspedisi Pionir Kapal Dagang ke India

Menurut hasil monitoring angkutan lebaran tahun 2018, jumlah penumpang di Pelabuhan Belawan naik 12,05 persen, yakni sebanyak 38.338 penumpang naik dan turun, jika dibandingkan dengan lebaran tahun 2017 yang tercatat mencapai 34.216 penumpang.

Selain Pelabuhan Belawan, Pelindo I juga telah melakukan modernisasi Terminal Penumpang di Pelabuhan Sibolga. Perseroan pun melakukan modernisasi Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Balai Asahan.

Pelindo I juga turut menggelar program BUMN Mudik Bareng Idul Fitri 1440 H. Tahun ini terjadi peningkatan yang cukup signifikan untuk target peserta mudik sebanyak 6.000 orang.

Perseroan menyediakan 40 bus dan 8 kapal laut untuk masyarakat umum, khususnya yang berada di wilayah operasional Pelindo I. Ada beberapa rute yang dilayani dengan moda darat dan laut yang berada di empat provinsi wilayah kerja Pelindo I.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X