Perang Dagang, 3 Sektor Ini Justru Diuntungkan

Kompas.com - 24/05/2019, 13:21 WIB
Pemaparan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di Jakarta, Kamis (23/5/2019) KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAPemaparan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di Jakarta, Kamis (23/5/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dampak negatif, perang dagang yang semakin memanas juga memiliki dampak positif kepada Indonesia, salah satunya sektor industri.

Kepala Riset Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi mengatakan, setidaknya terdapat tiga sektor yang diuntungkan, yaitu sektor furniture, sektor industri semen, dan sektor distribusi gas.

" Trade war (perang dagang) merupakan sektor yang diuntungkan. Karena kalau kita lihat Indonesia bersaing dengan China dalam mengekspor furniture ke pasar Amerika," kata Lucky Ariesandi di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Bahkan para emiten furniture kata Lucky, mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan furniture sudah kompetitif bersaing dengan China meskipun tanpa tarif yang dilayangkan AS kepada China. Ketika barang-barang China dikenakan tarif termasuk furniture, maka Indonesia memiliki peluang lebih.

"Kedua, semen. Karena saat harga komoditas turun maka perusahaan-perusahaan yg mengandalkan banyak komoditas seperti semen yang bahan bakarnya menggunakan batubara akan diuntungkan," kata Lucky.

Sektor ketiga yang diuntungkan dari perlambatan ekonomi di China adalah gas distributor. Di Indonesia hanya ada satu nama, yaitu perusahaan gas negara.

"Perusahaan gas negara sebagian besar induk cost adalah LNG yg terkait dengan harga minyak. Jadi ketika pertumbuhan AS-China melambat kemungkinan harga minyak juga akan menurun," jelas Lucky.

Di sisi lain, Lucky juga mengestimasikan pendapatan perusahaan komoditas di Indonesia akan mengalami pertumbuhan positif sekitar 13,4 persen. Meningkat 2 kali lipat dibanding rata-rata pendapatan 9 tahun terakhir yang sekitar 6,9 persen.

"Jadi hanya asumsi lah bahwa perusahaan komoditas earnings-nya akan lebih lambat karena trade war di China. Kalau kita lihat dampak ke perusahaan itu cukup kecil," pungkasnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X