Telanjur Pakai Layanan Perbankan Saat VPN Aktif, Apa yang Harus Dilakukan?

Kompas.com - 24/05/2019, 15:34 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dibatasinya akses penggunaan layanan media sosial oleh pemerintah membuat masyarakat berbondong-bondong mengunduh dan menggunakan aplikasi penyedia VPN (Virtual Private Network) gratis.

Dengan demikian, masyarakat bisa mengakses layanan media sosial seperti Whatsapp, Facebook dan Instagram secara utuh.

Namun ternyata, penggunaan VPN berisiko, terutama ketika tengah mengakses layanan perbankan. Masyarakat dianjurkan untuk mematikan VPN ketika akan mengakses layanan perbankan seperti m-banking dan internet banking.

Baca juga: Ini 5 Tips Belanja Online Saat Banyak Promo Ramadhan

Lalu, bagaimana ketika sudah terlanjur?

1. Uninstall aplikasi VPN

Analis Digital Forensic Ruby Alamsyah mengatakan, bila tidak yakin dengan keamanan software VPN yang digunakan, sebaiknya segera uninstall aplikasi VPN yang digunakan.

2. Cek keberadaan malware

Selanjutnya dianjurkan untuk mengecek ada atau tidaknya malware yang menyusup dala, smarphone Anda.

"Penyusupan malware/spyware ke Hp pengguna bisa mengambil data apapun di HP tersebut," ujar Ruby ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (24/5/2019).

3. Ganti password

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mengganti password dari layanan perbankan yang telah dilakukan, baik m-banking maupun internet banking.

Sebab, ketika seseorang mengakses internet dengan menggunakan VPN, seluruh trafik internet bisa diakses, dibaca dan digunakan oleh penyedia VPN tersebut.

Baca juga: Mau Dapat Tiket Pesawat Murah? Simak 7 Tips Ini

Penggunaan VPN

Menurut Ruby, sejauh penggunaan internet hanya sebatas keperluan standar tanpa memasukkan data pribadi, risiko kebocoran data akan kecil.

"Bagi orang awam, penggunaan VPN untuk keperluan standar browsing website yang tidak akan memasukkan data pribadi, berupa username, password, pin, dan data sensitif lainnya resikonya akan kecil," ujar dia.

Baca juga: Pakai VPN untuk Akses Internet Banking, Seberapa Berisiko?



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X