Jepang Beri Pinjaman Rp 4 Triliun untuk Proyek Saluran Limbah di Jakarta

Kompas.com - 24/05/2019, 16:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang akan memberikan pinjaman hingga 31 miliar yen atau Rp 4 triliun (kurs Rp 131,3 per yen) untuk pengembangan saluran air limbah di Jakarta.

Nota kesepakatan itu sudah ditandatangi oleh Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii dan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu hari ini.

"Dengan adanya proyek tersebut, diharapkan penanganan air limbah menjadi lebih optimal sehingga dapat berkontribusi untuk memperbaiki lingkungan hidup serta meningkatkan kebersihan masyarakat," ujar Ishii dalam konferensi pers, Jakarta, Jumat (24/4/2019).

Jepang memberikan pinjaman dengan bunga 0,1 persen per tahun. Adapun masa pengembalian pinjaman yakni selama 25 tahun termasuk masa tenggang selama 7 tahun.

Proyek saluran air limbah di Jakarta fase 1 ada disekitar Stadion Gelora Bung Karno tepatnya disekitar Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Proyek pengelolaan atau pengembangan saluran air limbah ini dinilai sangat penting menyusul peningkatan jumlah penduduk dan fasilitas perindustrian di Jakarta.

Di sisi lain, pembenahan infrastuktur dasar seperti pengelolaan air masih belum berkembang baik di Jakarta. Oleh karena itu proyek ini diharapkan penanganan air limbah di Jakarta menjadi lebih optimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.