Menko Darmin: Tiket Pesawat Sudah Turun, tetapi Enggak Besar...

Kompas.com - 24/05/2019, 17:30 WIB
Menko Darmin Nasution usai mrncoblos di TPS 20. Kompleks Liga Mas Pancoran, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (17/4/2019)Kompas.com/YOGA SUKMANA Menko Darmin Nasution usai mrncoblos di TPS 20. Kompleks Liga Mas Pancoran, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (17/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, tiket pesawat masih akan menjadi penyumbang inflasi pada Mei 2019 ini.

Hal ini lantaran harga tiket pesawat dinilai masih tinggi meskipun diakui Darmin sudah ada penurusnan harga dibandingkan bulan sebelumnya.

"Dia (harga tiket pesawat) sudah turun tapi turunnya enggak besar walau naiknya bukan bulan Mei saja loh, udah terjadi di bulan-bulan lain," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Harga tiket pesawat tetap akan menjadi penyumbang inflasi karena kata Darmin, sumbangsihnya kepada besaran pengeluaran masyarakat cukup besar bisa dibandingkan penyumbang inflasi lainnya.

Sementara untuk bawang putih dan cabai merah, Darmin meyakini pengaruh kepada inflasi tidak akan besar seiring dengan musim panas dan asupan impor.

"Saya waktu itu cerita karena panennya belum keluar karena nanam cabai dam bawang bulan Februari kira-kira Juni dia baru keluar (panen)," kata dia

"Sehingga memang yang pengaruhnya muncul di inflasi katakanlah untuk mei ya bawang putih, itu juga sudah turun lagi yang mungkin dampaknya ada adalah tiket pesawat," sambung Darmin.

Sebelumnya, maskapai penerbangan nasional wajib menurunkan harga tiket pesawat rute domestiknya paling lambat pada Sabtu (18/5/2019) pukul 00.01 WIB.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.




Close Ads X