Amankah Penggunaan VPN Untuk Layanan Perbankan Ponsel? Ini Kata Bank BCA

Kompas.com - 24/05/2019, 18:20 WIB
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja saat meluncurkan fitur pembukaan rekening melalui aplikasi BCA Mobile di Jakarta, Kamis (11/4/2019).KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja saat meluncurkan fitur pembukaan rekening melalui aplikasi BCA Mobile di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat aksi massa tanggal 22 Mei 2019 dua hari lalu, beberapa aplikasi sosial media seperti Whatsapp, Instagram, dan Facebook dibatasi penggunaannya oleh pemerintah.

Akibatnya, masyarakat beralih menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk mengakses aplikasi yang dibatasi tersebut. Banyak juga masyarakat yang menggunakan VPN untuk mengakses layanan perbankan melalui ponsel.

Lalu, bagaimana Bank BCA menanggapi hal itu?

Baca juga: Telanjur Pakai Layanan Perbankan Saat VPN Aktif, Apa yang Harus Dilakukan?

Direktur Utama Bank BCA Jahja Setiaatmadja mengimbau para nasabah hanya menggunakan aplikasi yang hanya disediakan oleh BCA bila melakukan transaksi perbankan BCA.

"Berkenaan dengan beredarnya informasi melalui WhatsApp mengenai penggunaan VPN untuk koneksi ke aplikasi media sosial, kami mengimbau nasabah agar menggunakan aplikasi yang hanya disediakan oleh BCA apabila akan melakukan transaksi perbankan BCA," ucap Jahja Setiaatmadja saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/5/2019).

Namun, apabila nasabah telah melakukan transaksi perbankan melalui ponsel yang terhubung VPN, Jahja menyarankan untuk segera mengganti sandi sebagai tindakan preventif.

"Segera ganti sandi untuk pencegahan," kata Jaja.

Cooporate Secretary Bank BCA Jan Hendra menambahkan, nasabah diminta mengakses tips keamanan pada website BCA melalui link https://www. bca.co.id/id/tips-keamanan sebagai tindakan preventif pada setiap aksi kejahatan yang muncul.

Adapun tips keamanan yang disajikan Bank BCA meliputi waspada penipuan kartu kredit menggunakan modus re-active kartu sim, waspada akun palsu HalloBCA di media sosial, tips menghindari penipuan terkini, waspada double swipe, teliti menangani penipuan melalui email, mengamankan pin, hati-hati virus berbahaya, dan sebagainya.

Sebelumnya, Bank BCA juga telah mengimbau masyarakat untuk memutus jaringan VPN sebelum melakukan layanan perbankan melalui pesan singkat. Hal ini dilakukan sebagai tindakan preventif terlepas aman atau tidaknya VPN.

Baca juga: Beredar Pesan Singkat soal Bahaya Penggunaan VPN, Benarkah Demikian?




Close Ads X