Kompas.com - 24/05/2019, 20:39 WIB
Penandatanganan kerja sama BTN dengan Ikatan Alumni Lemhanas (IKAL) di Jakarta, Jumat (24/5/2019). Dok. BTNPenandatanganan kerja sama BTN dengan Ikatan Alumni Lemhanas (IKAL) di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (KOMPAS100: BBTN) menjalin kerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) dalam pengelolaan dana dan pemanfaatan jasa layanan perbankan.

Produk dan jasa layanan yang dimiliki BTN dapat dimanfaatkan oleh alumni IKAL. BTN juga dapat memberikan fasilitas kredit kepada mereka.

"Intinya kerja sama ini adalah sinergi BTN dan IKAL dapat sama-sama memberikan hal yang positif yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bersama," jelas Direktur Utama BTN Maryono dalam peryataannya, Jumat (24/5/2019).

Baca juga: BTN Siapkan Uang Tunai Rp 14,58 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

Maryono menyebut, ada 3 hal lingkup kerjasama yang disepakati BTN dan IKAL. Pertama, pengelolaan dan penatausahaan keuangan serta fasilitas kredit, baik secara kelembagaan IKAL maupun kepada seluruh pengurus dan anggota IKAL.

Kedua, pemberian fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau kredit lainnya untuk mendukung IKAL dalam program pemberdayaan dan kemitraan dengan masyarakat di sektor UMKM maupun usaha lainnya. Ketiga, penyediaan fasilitas kartu keanggotaan bagi seluruh pengurus dan anggota IKAL.

Selain perorangan sebagai alumni IKAL, imbuh Maryono, potensi dari kerja sama ini sangat terbuka lebar bagi BTN untuk mengembangkan bisnis sesuai dengan kebutuhan yang dapat dipenuhi perseroan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kuartal I 2019, BTN Catat Pertumbuhan Kredit 19,57 Persen

Potensinya pun diakui Maryonosangat besar. Saat ini terdapat sekitar 28.000 anggota IKAL.

"Kita dapat garap ini sebagai bagian dalam pengembangan bisnis BTN ke depan. Pengembangan DPK, peningkatan kredit dan fee based income dari pemanfaatan produk jasa BTN adalah potensi yang dapat dibidik dari kerja sama ini," jelas Maryono.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.