Kompas.com - 25/05/2019, 13:41 WIB
Ilustrasi: Totem SPBU Pertamina Facebook/Panji Ari WibowoIlustrasi: Totem SPBU Pertamina

MEDAN, KOMPAS.com - SPBU 142021141 di Jalan Marelan IV kota Medan, semalam diretas. Pada totem atau  papan tanda SPBU tersebut muncul tulisan-tulisan menghujat dan menghasut. Salah satunya ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menjelaskan, kejadian peretasan diketahui pada Kamis (23/5/2019) pukul 22.00 WIB.

"Pihak SPBU bertindak cepat dan segera menonaktifkan display totem," ujar dia ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/5/2019).

Dia mengatakan, pihak SPBU langsung merubah sistem yang mengendalikan display totem. Pertamina pun menginformasikan insiden ini kepada SPBU-SPBU lain untuk mencegah kejadian serupa kembali terjadi.

"Pantauan pagi ini, totem sudah non aktif dan tidak menampakkan display. Pertamina masih berkoordinasi internal untuk menentukan langkah lebih lanjut," ujar Fajriyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.