Berdayakan Peritel Tradisional, Sampoerna Ciptakan Aplikasi

Kompas.com - 25/05/2019, 21:49 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Sampoerna Retail Community (SRC) di Jakarta. Dok. PT HM Sampoerna TbkMenteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Sampoerna Retail Community (SRC) di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (KOMPAS100: HMSP) meluncurkan aplikasi baru, yakni Ayo SRC dan Pojok Lokal untuk memberdayakan UKM. Aplikasi ini merupakan wajah baru dari Sampoerna Retail Community (SRC).

Langkah Sampoerna dalam memberdayakan UKM ini pun diapresiasi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"Sampoerna Retail Community (SRC) sebagai wadah UKM ritel merupakan salah satu contoh program pemberdayaan UKM khususnya peritel tradisional di tingkat nasional yang berhasil," kata Airlangga dalam pernyataannya, Sabtu (25/5/2019).

Baca juga: Program SRC Jadi Senjata Sampoerna Dukung Bisnis UKM Indonesia

SRC telah berjalan selama 11 tahun sejak 2008. Adapun saat ini jaringan SRC telah menjangkau 105.000 peritel tradisional di seluruh Indonesia.

Aplikasi Ayo SRC merupakan inovasi untuk memudahkan akses para anggota SRC saling berbagi ilmu bisnis, mendapat informasi mengenai pembinaan UKM Sampoerna, dan memudahkan proses pengelolaan toko. Aplikasi ini juga turut mendukung proses literasi dan infrastruktur berbasis digital pada pengembangan bisnis dan penciptaan peluang.

Sementara itu, Pojok Lokal adalah salah satu dukungan SRC terhadap UKM lokal. Seluruh anggota SRC menerapkan pendekatan usaha demi mendorong ekonomi masyarakat dengan mempromosikan produk UKM lokal di daerah setempat melalui Pojok Lokal.

Baca juga: Sampoerna Dukung Pelaku UKM di Sulsel

Airlangga mengatakan, program ini menunjukkan kepedulian dunia usaha kepada UKM agar dapat berkembang melalui peningkatan kapasitas dan menciptakan ekosistem komersial yang inklusif. Ini akhirnya mewujudkan kemandirian perekonomian, baik di daerah maupun nasional.

"Semoga pola kemitraan seperti ini bisa menjadi contoh dan dapat semakin ditingkatkan di masa mendatang," sebut Airlangga.

Sementara itu, Direktur Urusan Eksternal Sampoerna Elvira Lianita mengatakan, perseroan berkomitmen berkontribusi terhadap pengembangan UKM di Indonesia.

"Kami berharap dapat terus mendukung SRC untuk berinovasi agar dapat terus meningkatkan daya saing usaha, sehingga mampu menggerakan roda ekonomi di Indonesia,” jelas Elvira.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X