Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Kemenhub Atasi Pasar Tumpah di Jalan Provinsi Saat Mudik

Kompas.com - 25/05/2019, 23:50 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Pasar tumpah di jalan-jalan provinsi merupakan salah satu penyebab utama kemacetan saat mudik. Pemerintah bersama dengan otoritas terkait pun berupaya untuk mengurai kemacetan akibat pasar tumpah dengan beberapa strategi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengatasi hal ini.

"Pasar tumpah kami bahas kembali sudah ke (Pemda) Jabar, Jatim, Jateng, dan di Lampung sudah ke Gubernur dan Kapolda, obstacle utama memang pasar tumpah, itu gangguan yg butuh penanganan pemerintah daerah," ujar Budi di Salatiga, Sabtu (25/5/2019).

Budi mengatakan hal pertama yang dilakukan adalah mengurangi parkir di sepanjang kanan dan kiri pasar tumpah. Sebab, salah satu penghalang jalan ketika ada pasar tumpah adalah parkir tak teratur di sepanjang jalan.

"Caranya dengan mencari kantong parkir lain," jelas Budi.

Cara lainnya adalah dengan membuat zebra cross di lokasi-lokasi tertentu agar masyarakat tidak menyeberang di sembarang tempat.

Selain itu, juga pemasangan water barrier agar jalanan lebih teratur meski terdapat pasar tumpah.

"Dan tentu juga penjagaan petugas sehingga perilaku masyarakat bisa dihandle di lokasi-lokasi (pasar tumpah)," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com