Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik, Ruas Tol Singosari-Pakis Dibuka Secara Fungsional

Kompas.com - 26/05/2019, 12:17 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Pemerintah telah meresmikan ruas Tol Pandaan - Malang pada Senin (13/5/2019). Adapun hingga saat ini, sudah terdapat 3 seksi tol yang dibuka atau dioperasionalkan, meliputi Pandaan hingga Karanglo Singosari. 

Untuk mengantisipasi padatnya arus jalan tol selama musim mudik, Jasa Marga pun memutuskan untuk membuka seksi 4 hingga Pakis secara fungsional per H-10 Lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi mengatakan, seksi 4 ini akan dibuka ketika mulai terjadi kemacetan di Exit Tol Singosari.

"Penanganan kemacetan, kalau terjadi kemacetan di pertigaan ke Malang sekitar exit tol Singosari, maka mulai mengeluarkan ke tol fungsional (Pakis)," ujar Budi di Malang, Sabtu (26/5/2019).

Baca juga: Jangan Abaikan Ini saat Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi

Ruas seksi 4 dibuka fungsional bersamaan dengan underpass Karanglo yang berada di depan gerbang tol Singosari.

Seksi 4 Singosari-Pakis membentang sepanjang 4,75 km, sementara secara keseluruhan,  tol Pandaan - Malang yang keseluruhan terdiri dari lima seksi.

Sebagai informasi, tol Pandaan-Malang memiliki total panjang jalan 38,48 km, di mana tiga seksi yang diresmikan oleh Presiden mencakup seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 km, seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,5 km dan seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,51 km. 

Sedangkan untuk seksi 5 Pakis -Malang sepanjang 3,11 km masih dalam tahap konstruksi.

Baca juga: Catat, Tarif Tol Diskon 15 Persen Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com