Arus Mudik, Ruas Tol Singosari-Pakis Dibuka Secara Fungsional

Kompas.com - 26/05/2019, 12:17 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Salatiga setelah melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah Salatiga dan Boyolali mengenai persiapan jalur mudik Lebaran 2019 di Salatiga, Sabtu (25/5/2019). KOMPAS.com/MUTIA FAUZIADirektur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Salatiga setelah melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah Salatiga dan Boyolali mengenai persiapan jalur mudik Lebaran 2019 di Salatiga, Sabtu (25/5/2019).

SALATIGA, KOMPAS.com - Pemerintah telah meresmikan ruas Tol Pandaan - Malang pada Senin (13/5/2019). Adapun hingga saat ini, sudah terdapat 3 seksi tol yang dibuka atau dioperasionalkan, meliputi Pandaan hingga Karanglo Singosari. 

Untuk mengantisipasi padatnya arus jalan tol selama musim mudik, Jasa Marga pun memutuskan untuk membuka seksi 4 hingga Pakis secara fungsional per H-10 Lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi mengatakan, seksi 4 ini akan dibuka ketika mulai terjadi kemacetan di Exit Tol Singosari.

"Penanganan kemacetan, kalau terjadi kemacetan di pertigaan ke Malang sekitar exit tol Singosari, maka mulai mengeluarkan ke tol fungsional (Pakis)," ujar Budi di Malang, Sabtu (26/5/2019).

Baca juga: Jangan Abaikan Ini saat Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi

Ruas seksi 4 dibuka fungsional bersamaan dengan underpass Karanglo yang berada di depan gerbang tol Singosari.

Seksi 4 Singosari-Pakis membentang sepanjang 4,75 km, sementara secara keseluruhan,  tol Pandaan - Malang yang keseluruhan terdiri dari lima seksi.

Sebagai informasi, tol Pandaan-Malang memiliki total panjang jalan 38,48 km, di mana tiga seksi yang diresmikan oleh Presiden mencakup seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 km, seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,5 km dan seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,51 km. 

Sedangkan untuk seksi 5 Pakis -Malang sepanjang 3,11 km masih dalam tahap konstruksi.

Baca juga: Catat, Tarif Tol Diskon 15 Persen Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X