Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Gilimanuk Diperkirakan Mulai H-3

Kompas.com - 26/05/2019, 13:19 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi ketika memimpin rapat koordinasi dengan otoritas Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Minggu (26/5/2019). KOMPAS.com/MUTIA FAUZIADirektur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi ketika memimpin rapat koordinasi dengan otoritas Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Minggu (26/5/2019).

BANYUWANGI, KOMPAS.com -  Puncak Arus mudik penyebarangan Pelabuhan Gilimanuk -Ketapang diperkirakan akan mulai terjadi pada H-3 Lebaran atau pada tanggal 2 Juni 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh General Manager PT ASDP Ferry Indonesia Ketapang-Gilimanuk Fahmi Alweni di Banyuwangi, Minggu (26/5/2019).

"Puncak arus mudik di Ketapang H-3 dan H-2, paling puncaknya di H-2," ujar Ferry.

Jumlah pemudik yang melalui jalur Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang diperkirakan akan meningkat. 

Ferry memprediksi, akan terjadi pertumbuhan penumpang sebesar 5 persen, kendaraan roda dua 5 persen, sedangkan kendaraan roda empat akan tumbuh hingga lebih dari 10 persen.

Baca juga: Gerbang Tol Salatiga dan Boyolali Bakal Diberlakukan Sistem Satu Arah Pada Puncak Arus Mudik

"Dengan pertimbangan tiket pesawat tinggi, tarif bagasi juga tinggi, sementara infrastruktur jalan darat seperti tol Trans Jawa sudah cukup lancar, kemudian Trans Sumatera juga lancar, diprediksi roda empat bisa tumbuh di atas 10 persen," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara secara nasional, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 31 Mei 2019 atau H-5 Lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi mengatakan, perbedaan pola arus mudik antara prediksi nasional dengan prediksi di Ketapang-Gilimanuk lantaran pekerja swasta di Bali dan NTB yang baru mulai libur pada H-3 Lebaran.

"Kalau  di Ketapang-Gilimanuk puncak arus mudik terjadi pada H-1 hingga H-3 Lebaran karena ternyata para pegawai yang ada di Bali atau NTB yang dari sektor informal, liburnya baru menjelang itu. kalau di Jakarta kan tanggal 30-31 Mei 2019 jug tanggal 1-2 Juni 2019," ujar Budi pada kesempatan yang sama. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.