Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Mudik Ini Sriwijaya Air Tak Sediakan Extra Flight, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 26/05/2019, 20:05 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pada musim mudik Lebaran 2019 ini, maskapai Sriwijaya Air tidak menambah penerbangan tambahan alias extra flight.

Direktur Utama Sriwijaya Air Joseph Saul mengatakan, tidak ada extra flight karena penerbangan mudik berpotensi rugi. Hal ini seiring dengan kebijakan penurunan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat bermesin jet sebanyak 12 persen-16 persen yang diterapkan pemerintah beberapa waktu lalu.

“Yang pasti tidak ada extra flight karena rugi,” katanya seperti dikutip dari Kontan.co.id, Minggu (26/5/2019).

Baca juga: Penerbangan ke Jakarta Kosong, Menhub Imbau Maskapai Beri Diskon

Menurut Joseph, tiket pesawat untuk tujuan mudik Sriwijaya Air sudah penuh. Tetapi, yang mengkhawatirkan adalah pesawat kosong ketika harus terbang kembali.

“Perginya penuh dengan TBA diskon 15 persen tapi pulangnya kosong,” ucapnys.

Sebelumnya, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) juga mengurangi frekuensi penerbangan dan menutup penerbangan untuk beberapa rute dampak dari TBA itu. Beberapa rute domestik yang frekuensinya bakal dikurangi di antaranya Morotai, Maumere, dan Bima.

baca juga: Benarkah Harga Tiket Pesawat Sudah Turun?

Alasannya, beban biaya bahan bakar untuk penerbangan ke daerah terpencil ini lebih mahal 80 persen dibandingkan rute favorit. Selain itu, waktu operasinya akan terbatas, yakni pukul 15.00-16.00 saja.

Garuda Indonesia bahkan telah menutup rute Belitung-Singapura. Hal serupa juga akan berlaku bagi penerbangan Jakarta-London yang bakal ditutup setelah liburan musim panas ini.

Ke depannya, GIAA juga akan mengurangi frekuensi penerbangan rute Jakarta-Amsterdam, dari enam kali menjadi tiga kali. (Harry Muthahhari)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Harga tiket pesawat turun, tidak ada extra flight dari Sriwijaya Air di Lebaran ini


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com