Dibanderol Rp 750.000, Ini Fasilitas Mewah Kereta Sleeper Luxury 2

Kompas.com - 27/05/2019, 09:23 WIB
PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan empat kereta sleeper terbaru, Luxury 2, Minggu (26/5/2019).KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA KEMALA PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan empat kereta sleeper terbaru, Luxury 2, Minggu (26/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia meluncurkan generasi baru kereta sleeper dengan nama Luxury 2. Sesuai namanya, kereta ini memang memiliki fasilitas mewah dibandingkan kelas eksekutif.

Kereta mewah pertama produksi PT INKA itu pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2018. Saat ini, kereta sleeper Luxury 1 dirangkaikan dengan kereta Argo Bromo Anggrek Luxury relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi.

Kemudian, pada momentum yang bersamaan, yakni jelang musim angkut Lebaran, KAI kembali mengeluarkan Luxury 2 yang resmi beroperasi Minggu (26/5/2019).

Kali ini, kereta sleeper dirangkaikan ke empat kereta, yaitu kereta Argo Lawu relasi Gambir-Solo Balapan, kereta Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan, kereta Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta, dan kereta Gajayana relasi Gambir-Malang.

Baca juga: Jelang Mudik, KAI Luncurkan 4 Kereta Sleeper Baru

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya memberikan harga promo selama sebulan setelah peluncuran, mulai keberangkatan 26 Mei hingga 26 Juni 2019. Harga tiket promo dibanderol Rp 750.000.

"Ini sudah dapat makan. Free flow untuk snacks dan minuman," ujar Edi di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu malam.

Harganya memang jauh lebih tinggi daripada kereta eksekutif. Namun, fasilitasnya juga jauh lebih lengkap dan memanjakan penumpang. Meski tidak terlalu banyak perbedaan, terdapat beberapa keunggulan kereta Luxury 2 daripada pendahulunya.

Berikut fasilitas kereta Luxury 2 yang bisa dinikmati penumpang sepanjang delapan jam perjalanan:

1. Berisi 26 kursi

Satu kereta sleeper hanya memuat 26 kursi: di satu sisi terdapat dua kursi dan sisi satunya terdapat satu kursi. Bahkan, pada generasi terdahulunya, kereta sleeper hanya memuat 18 kursi.

2. Sandaran rebah hingga 140 derajat

Kursi kereta sleeper berbeda dengan jenis kereta lain. Dari bagian belakang, bentuknya seperti kapsul yang melindungi kursi berwarna biru itu. Sandaran punggungnya yang empuk dan berbahan kulit itu bisa direbahkan hingga 140 derajat.

Selain itu, terdapat bantalan sandaran kaki yang juga bisa dinaikkan hingga sejajar dengan posisi badan yang tiduran. Baik sandaran punggung maupun sandaran kaki dikendalikan dengan tombol dan bergerak secara otomatis.

3. Colokan power USB

Di sandaran tangan bagian kiri terdapat tombol untuk menaikturunkan sandaran kursi dan kaki. Selain itu, di bagian bawah terdapat satu colokan atau port USB untuk mengisi daya ponsel ataupun gadget lain. Anda juga bisa mengisi daya di colokan listrik biasa yang terdapat di dinding kereta.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X