Pentingkah Memperhatikan Penampilan ketika Wawancara Kerja?

Kompas.com - 27/05/2019, 12:16 WIB
Ilustrasi wawancara kerja DragonImagesIlustrasi wawancara kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kali kita bertemu seseorang untuk pertama kalinya, hanya perlu beberapa detik bagi kita untuk menilai mereka dan membentuk kesan pertama.

Jika kita mendapat kesan yang baik, kita ingin mengenal orang itu lebih baik, tetapi jika tidak, diperlukan upaya yang signifikan dari orang tersebut untuk mengubah pandangan kita tentang mereka.

Kesan pertama sangat penting, terutama pada pertemuan bisnis dan wawancara kerja di mana reputasi profesional Anda dipertaruhkan.

Baca juga: Simak, 5 Sikap Tubuh yang Harus Dihindari saat Wawancara Kerja

Setidaknya ada 5 tips penting perawatan sebelum wawancara kerja menurut JobStreet dalam pernyataannya, Senin (27/5/2019).

Untuk pria

Jika Anda berpikir bahwa pria cenderung lebih mudah dalam hal perawatan dan berpakaian dibandingkan dengan wanita, Anda salah besar.

Tentu saja, pria memiliki pilihan pakaian yang cukup mudah dibandingkan dengan wanita, tetapi perawatan kebersihan mereka dapat lebih sulit, tergantung pada faktor-faktor tertentu.

  • Rambut pada wajah

Pria yang termasuk dalam kategori “berbulu” perlu memastikan mereka memangkas rambut wajah mereka agar tetap rapi, termasuk janggut atau kumis Anda serta rambut telinga dan bulu hidung.

  • Penataan rambut

Pilihlah produk penataan rambut yang menjaga rambut Anda tetap rapi dengan tampilan alami, daripada gel atau krim rambut yang menciptakan tampilan berminyak.

  • Pilihan pakaian

Pastikan setelan atau kemeja dan celana Anda baru dicuci, disetrika rapi, dan dipadukan dengan baik. Jika Anda melakukan wawancara untuk posisi yang kreatif atau berorientasi pada mode, Anda mungkin ingin mengambil kesempatan tersebut untuk mengekspresikan kepribadian Anda dengan pakaian yang lebih berwarna, sambil tetap menjadikannya profesional.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X