Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Sampai Lebaran, Harga Bahan Pokok Terkendali

Kompas.com - 27/05/2019, 13:57 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan di lapangan terkait ketersedian dan harga bahan pokok di seluruh Indonesia.

Berdasarkan pemantauan tersebut, ketersediaan dan harga bahan pokok terkendali selama Ramadhan hingga Lebaran 2019.

"Insya Allah sampai dengan lebaran ini ketersediaan bahan pokok dan harga terkendali, inflasi terkendali," ujar Enggar di Jakarta, Senin (27/5/2019).

Enggar berharap tren positif tersebut bisa berlanjut di bulan depan. Bahkan, dia berharap di bulan depan dapat terjadi deflasi.

Baca juga: Jelang Lebaran, Tak Ada Lonjakan Harga 10 Bahan Pokok

"Deflasi (terjadi) bukan karena masyarakat tidak mampu meningkatkan pembelian, tapi karena supply dan demand terjadi keseimbangan yaitu harga terkendali," kata Enggar.

Untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok, lanjut Enggar, dia telah memerintahkan pejabat Kemendag untuk turun langsung ke pasar-pasar di seluruh Indonesia.

"Sampai hari ini dari 34 provinsi kita sudah pantau langsung, eselon I sudah turun melihat (memantau) dan koordinasi dengan kepala dinas dan turun langsung ke pasar, alhamdulilalh semua aman," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com