Jelang Musim Mudik, GMF Pastikan Suku Cadang Pesawat Mencukupi

Kompas.com - 27/05/2019, 16:07 WIB
Petugas melakukan pengecekkan pesawat di hanggar 2 Garuda Maintenance Facilities (GMF), Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng beberapa waktu lalu.KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Petugas melakukan pengecekkan pesawat di hanggar 2 Garuda Maintenance Facilities (GMF), Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk ( GMF) akan menerapkan beberapa strategi operasional dalam menghadapi lonjakan penerbangan arus mudik Lebaran 2019.

Plt. Direktur Utama GMF, Tazar Marta Kurniawan mengatakan, salah satu strateginya yakni melakukan persiapan lebih awal melalui pemeriksaan kesehatan pesawat dan penyediaan suku cadang.

“Kami memastikan keperluan suku cadang dapat tercukupi dengan persediaan yang ada," ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Senin.(27/5/2019).

"Untuk suku cadang dengan periode perputaran yang cepat (fast moving) langsung kami sediakan di gudang yang berada di area parkir pesawat di bandara (Apron) agar mempercepat akses pada material yang dibutuhkan," sambung dia.

Selain itu, Tazar juga mengatakan pihaknya bekerja sama dengan operator logistik lokal dalam hal pengiriman suku cadang yang diperlukan.

Terlebih lagi untuk pesawat yang berada dalam keadaan tidak dapat berangkat karena alasan teknis di bandara.

Sebelumnya, GMF sudah melakukan beberapa improvement pada program perawatan berat pesawat Garuda, Citilink, Sriwijaya dan Nam Air.  Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pesawat on the ground selama periode mudik Lebaran.

Khusus untuk armada Garuda, Citilink, Sriwijaya dan Nam Air, GMF menargetkan sebesar 100 persen ketersediaan pesawat. Dengan demikian diharapkan tidak ada penundaan atau pembatalan penerbangan yang disebabkan oleh aspek teknik.




Close Ads X