Simak Ini Tips Mudik Aman dan Lancar via Jalur Darat

Kompas.com - 27/05/2019, 18:49 WIB
Kepala Terminal Pulo Gebang Ismanto ketika berbincang dengan Kompas.com di Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Senin (27/5/2019).KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Kepala Terminal Pulo Gebang Ismanto ketika berbincang dengan Kompas.com di Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Senin (27/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik saat Lebaran atau hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang dinantikan masyarakat di Indonesia. Namun, seringkali antusiasme yang tinggi itu tidak disertai dengan perencanaan yang matang supaya mudik lancar dan aman.

Hal ini yang malah sering diabaikan.

Lalu, apa tips supaya mudik Anda bisa lebih lancar dan aman?

Kepala Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Ismanto memberikan sejumlah tips bagi Anda yang akan mudik menggunakan angkutan darat, khususnya bus.

Ismanto mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat atau pemudik sebelum berpergian. Ini semua menyangkut kelancaran dan lainnya.

Baca juga: Bakal Didominasi Pemudik Motor, Jalur Mudik Non Tol Laik Dilalui

"Yang pasti, sedapat mungkin menuju terminal sudah menetapkan dan idealnya menetapkan naik apa (bus)? trayek apa? dan jam berapa?" kata Ismanto kepada Kompas.com ditemui di Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Senin (27/5/2019).

Jika sudah menentukan pilihan itu, pemudik akan lebih aman dan tidak terburu-buru ketika hendak ke terminal.  Selain itu, keputusan ini bisa terhindar dari calo-calo tiket di terminal.

"Ini yang sering kaling ditangkap teman-teman PO. Kalau sudah menetapkan pilihan enggak akan ditanya lagi, sudah jelas. 

Di sisi lain kita juga berusaha memperjelas informasi itu," ujarnya.

Baca juga: Arus Mudik, Ruas Tol Singosari-Pakis Dibuka Secara Fungsional

Dia menambahkan, guna mencegah tindakan kejahatan saat berangkat ke terminal bus maupun dalam perjalanan mudik, baiknya tidak menggunakan barang-barang mencuri perhatian orang lain. Misalnya saja perhiasan atau barang berharga lainnya.

"Kedua, tentang tindak kejahatan,  jangan pakai yang aneh-aneh lah.  Perhiasan dan segala macem-macem," tuturnya.

Ia melanjutkan, untuk menunjang kenyaman dan keamanan ketika mudik, pemudik juga diminta tidak takut melapor jika ada keluhan atau masalah. Bahkan jika ada informasi tidak jelas diharapkan melapor kepada petugas-petugas yang bertugas.

"Jika ada yang tidak jelas, merasa dirugikan oleh aksi-aksi di terminal atau oleh PO (Perusahaan Otobus) lapor ke petugas," jelasnya.

Baca juga: Jangan Abaikan Ini saat Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi

"Karena seringkali (petugas) dianggap tidak merepson. Tapi budaya masyarakat yang tidak mau dan takut melapor. Padahal kita muter-muter, mungkin persepsi kita dianggap dari bagian dari mereka. Kalau ada laporan kita action, tindaklanjuti," pungkasnya.

Jika aspek-aspek di atas sudah diperhatikan dan dicermati, lanjutan Ismanto, sudah barang pasti mudik Lebaran akan lebih aman, lancar, dan nyaman. Karena itu, sudah sebaiknya Anda perhatikan hal di atas.

Selamat Mudik!




Close Ads X