Ada 360 Penerbangan Tambahan saat Musim Mudik Lebaran 2019

Kompas.com - 27/05/2019, 19:52 WIB
Ilustrasi bandara KOMPAS/IWAN SETIYAWANIlustrasi bandara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyetujui 360 penerbangan tambahan ( extra flight) saat periode mudik Lebaran 2019.

Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran 2019.

"Tidak menutup kemungkian jumlah extra flight bertambah karena masih banyak permintaan dari maskapai sampai saat ini,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/5/2019).

Baca juga: Lion Air Group Siapkan 20.150 Kursi Penerbangan Tambahan untuk Lebaran, Catat Rutenya

Berdasarkan posisi data per 27 Mei 2019, Ditjen Perhubungan Udara telah mengeluarkan 313 Flight Approval (FA ) untuk rute domestik, sedangkan 47 Flight Approval untuk rute internasional.

Adapun maskapai yang sudah mengajukan Flight Approval dari Air Asia Indonesia sebanyak 130 FA untuk rute domestik, Sriwijaya Air telah disetujui untuk rute domestik sebanyak 12 FA, Lion Air sebanyak 111 FA, Express Air sebanyak 24 FA, Susi Air sebanyak 22 FA dan TransNusa sebanyak 14 FA.

Sedangkan extra flight untuk rute internasional, telah disetujui FA untuk maskapai Jet Star sebanyak 25 FA, Silk Air sebanyak 6 FA, Malaysia Airlines sebanyak 14 FA, dan Saudi Arabian Airlines sebanyak 2 FA.

Polana juga mengingkatkan kepada stakeholder penerbangan untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Baca juga: Jumlah Penumpang Pesawat di Lebaran 2019 Diprediksi Turun

"Kami Ditjen Perhubungan Udara akan fokus kepada 3 aspek dalam persiapan angkutan lebaran 2019. Ke tiga aspek tersebut adalah keselamatan, keamanan dan pelayanan. Kami siap memberikan pelayanan tyang prima kepada pemudik,” kata Polana.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X