Kompas.com - 27/05/2019, 21:48 WIB
Ilustrasi: Pengunjung sedang melakukan transaksi di ATM. Ilustrasi: Pengunjung sedang melakukan transaksi di ATM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) sedang mengembangkan fast payment atau BI Fast untuk membantu pengembangan sistem pembayaran.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Filianingsih Hendarta mengatakan, BI Fast akan membuat transaksi perbankan kian efisien.

"Apakah nantinya itu akan lebih murah? ya pastinya, karena kalau kita membuat segala sesuatu itu kan untuk menjadi lebih baik," ujarnya di Kantor BI, Jakarta, Senin (27/5/2019).

"Juga agar lebih cepat, lebih mudah, lebih murah. Pokoknya lebih-lebih bagus gitu ya. Kalau enggak ya buat apa kita bikin," sambung dia.

Sebelum sampai ke BI Fast, BI sudah terlebih dahulu menyediakan jalur sistem kliring nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang bersifat terbatas.

SKNBI ini kata Filianingsih merupakan jembatan menuju BI Fast sehingga nantinya biaya transfer akan menjadi lebih murah.

"Nanti biaya transfernya akan turun dari maksimal Rp 6.500 menjadi turun Rp 3.500," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai awal, BI meluncurkan standarisasi QR Code Indonesia Standard (QRIS). Ini merupakan upaya BI membuat kolaborasi perbankan dan perusahaan teknologi finansial (Fintech) semakin erat.

Hadirnya QRIS tersebut memungkinkan pembayaran melalui QR akan terinterkoneksi dengan menggunakan satu standar QR Code.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.