Inpex Sepakat Tanam 20 Miliar Dollar AS di Blok Masela

Kompas.com - 27/05/2019, 22:07 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral  Ignasius Jonan memaparkan pencapaian pemerintah di bidang energi dalam acara tatap muka di KBRI Tokyo, Jepang, Minggu (10/3/2019). (KBRI Tokyo) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan memaparkan pencapaian pemerintah di bidang energi dalam acara tatap muka di KBRI Tokyo, Jepang, Minggu (10/3/2019). (KBRI Tokyo)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dan Inpex Corporation menyepakati sejumlah hal terkait pengembangan blok kaya migas di Maluku, Blok Masela.

Hal ini menyusul pertemuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali bertemu dengan CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda di Tokyo, Senin (27/5/2019).

"Akhirnya INPEX dan SKK Migas sepakat atas pokok-pokok pengembangan blok Masela sore ini di Tokyo," ujar Jonan dalam siaran pers, Jakarta, Senin.

"Pembahasan telah berlangsung sejak 18 tahun yang lalu loh. Nilai investasi antara 18-20 Miliar dollar AS dengan pembagian yang fair bagi Negara RI dan kontraktor. Saya sampai terharu," ucap dia.

Nilai investasi pengembangan Blok Masela akan mencapai sekitar 20 miliar dollar AS. Kedua pihak mencapai win-win solution dengan skema bagi hasil, pemerintah sekurangnya mendapat bagian 50 persen.

Adapun penandatanganan perjanjian antara Pemerintah Indonesia dan Inpex Corporation, akan dilaksanakan pada pertemuan negara-negara G20 di Jepang dalam waktu dekat.

Dengan demikian maka pembahasan tentang Blok Masela yang sudah berlangsung lebih 20 tahun telah menemukan titik akhir.

Diharapkan hal ini akan memberi dampak positif bagi peningkatan iklim investasi nasional serta pembangunan kawasan Timur Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X