KILAS

Jelang Lebaran, Mentan Jamin Harga Pangan Stabil

Kompas.com - 28/05/2019, 09:36 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat acara Buka Puasa Bersama di Kantor Kementerian Pertanian, Senin (27/5/2019). Dok. Humas Kementerian Pertanian RIMenteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat acara Buka Puasa Bersama di Kantor Kementerian Pertanian, Senin (27/5/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com -
Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, menjamin harga pangan menjelang lebaran stabil dan tidak mengalami gejolak kenaikan.

Hal tersebut diungkapkan Mentan saat menggelar acara buka puasa bersama keluarga besar Kementerian Pertanian ( Kementan) dan pihak terkait lainnya, Senin (27/5/2019).

“Sebelum dan sesudah lebaran bisa kami pastikan aman,” ujar Amran kepada Kompas.com.

Diwartakan Kompas.com, Jumat (24/5/2019), Ombudsman RI telah melakukan inspeksi serentak ke pasar-pasar jelang lebaran tahun ini.

Hasilnya, Ombudsman menemukan sepuluh komoditas pokok tidak mengalami kenaikan harga.

Adapun komoditas yang disidak ialah beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi lokal. Kemudian daging ayam broiler, telur, bawang merah dan bawang putih.

Minta Bulog serap panen petani

Meski berhasil menjaga harga stabil, lanjut Amran, dirinya mengaku masih belum tenang lantaran turut memperhatikan nasib petani karena pendapatannya berkurang.

Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bulog agar dapat menyerap hasil panen petani dengan harga yang pantas.

“Turunnya harga berimbas pada pendapatan petani, maka kami berkoordisasi dengan Pak Buwas agar Bulog dapat menyerap hasil panen. Alhamdulillah, mereka serap cabai harga Rp 8.000 per kilogram yang sebelumnya Rp 5.000 di pasar," terang Amran.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X