NIlai Tukar Rupiah Diprediksi di Kisaran Rp 13.500 Selama Libur Lebaran

Kompas.com - 28/05/2019, 14:06 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini Pemerintah menetapkan libur lebaran cukup panjang, yakni 11 hari. Libur panjang ini akan mempengaruhi pergerakan kurs rupiah.

Ekonom Asian Development Bank Institute (ADBI) Eric Sugandi mengatakan, pergerakan rupiah selama liburan akan lebih ditentukan oleh transaksi para pelaku pasar valas Non-deliverable forward (NDF) di luar Indonesia.

"Pergerakan rupiah selama libur lebaran banyak dipengaruhi kondisi eksternal terutama berita tentang perang dagang Amerika Serikat dan China," jelas Eric saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (27/5/2019).

Baca juga: Sempat Melemah Saat Aksi 22 Mei, Kurs Rupiah Terus Menguat

Pasalnya selama libur lebaran, faktor tekanan terhadap rupiah akibat permintaan musiman dari investor asing sudah mereda. Di sisi lain tekanan dari faktor politik dari dalam negeri juga mereda selama libur Lebaran.

Sehingga, Eric memprediksi rupiah akan cenderung stabil di kisaran Rp 13.300 hingga Rp 13.500 selama libur lebaran.

Sebenarnya, kondisi serupa juga terjadi pada tahun 2008. Di mana libur lebaran cukup panjang yakni sekitar 6 hari.

Baca juga: Kurs Rupiah Kembali Menguat, Ini Penjelasan BI

Hanya saja saat itu rupiah mengalami tekanan cukup dalam. Nilai tukar Rupiah di awal 2008 sekitar Rp 9.800 an menjadi Rp 11.000 an di akhir tahun 2008.

Hanya saja, menurut penjelasan BI, tekanan rupiah terjadi bukan karena libur lebaran yang cukup panjang namun karena adanya krisis global saat itu. (Benedicta Prima)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Mata uang rupiah diprediksi dikisaran Rp 13.500 selama libur Lebaran 2019

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X