Kompas.com - 28/05/2019, 17:46 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah mampu menguat pada perdagangan hari kedua di pekan ini. Padahal indeks dollar Amerika Serikat (AS) lagi bergairah.

Berdasarkan data Bloomberg, Selasa (28/5/2019), kurs rupiah ditutup menguat tipis 0,03 persen di level Rp 14.375 per dollar AS. Sementara dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) mata uang Garuda melemah 0,13 persen jadi Rp 14.380 per dollar AS.

Kondisi rupiah bergerak di saat indeks dollar AS dalam pasar spot, Selasa pukul 16.29 WIB terpantau naik 0,12 persen di level 97,72. Meski demikian, sepertinya penguatan dollar AS mulai tertahan. 

Mata uang Garuda nampaknya menguat tertolong sentimen global yang mereda.

Baca juga: NIlai Tukar Rupiah Diprediksi di Kisaran Rp 13.500 Selama Libur Lebaran

Ekonom BCA, David Sumual mengatakan, posisi rupiah menguat karena Amerika Serikat (AS) yang tengah membuat kesepakatan dagang dengan Jepang di tengah perang dagang dengan China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sempat ada rumor AS akan memperluas perang dagang dengan Jepang, tapi dengan adanya rencana Trump spekulasi pasar mereda,” kata David kepada Kontan.co.id, Selasa.

Lebih lanjut ia mengatakan pergerakan rupiah secara teknikal sejak pekan lalu sudah oversold maka wajar kini menguat. Tak dipungiki, dia bilang kondisi politik domestik yang lebih adem masih menjadi katalis rupiah, sebab kekhawatiran investor mereda.

Baca juga: Sempat Melemah Saat Aksi 22 Mei, Kurs Rupiah Terus Menguat

Dia menambahkan konflik Timur Tengah, Iran, dan AS belum menambahkan eskalasi baru, sehingga ketegangan global dalam pasar minyak mereda, walau harga minyak masih dalam tren naik.

David memprediksi besok rupiah akan diperdagangkan kembali menguat dengan rentang pergerakan Rp 14.300-Rp 14.400 per dollar AS. (Yusuf Imam Santoso)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Rupiah menguat meski indeks dollar masih kokoh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.