Kado Lebaran, Rumah Mulai Rp 140 Jutaan Dibebaskan PPN

Kompas.com - 28/05/2019, 20:14 WIB
Rusun Nelayan Dompu Dok. Kementerian PUPRRusun Nelayan Dompu

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar gembira datang jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Pasalnya pemerintah memberikan fasiltas baru perpajakan.

Kali ini berupa pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk rumah sederhana dan sangat sederhana.

Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 82/PMK.010/2019 yang ditandatangi Sri Mulyani pada 20 Mei 2019.

"Ini soal pembebasan PPN rumah sederhana," ujar Dirjen Pajak Robert Pakpahan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Kebijakan ini dikeluarkan untuk mendukung program pemerintah untuk mewujudkan tersedianya perumahan yang terjangkau oleh masyarakat lapisan bawah.

Berdasarkan aturan baru itu, kebijakan batasan harga jual rumah dinagi menjadi 5 zona.

Untuk Anda yang tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek), batasan harga jual rumah masuk ke zona 4.

Rumah yang dibebaskan PPN di Jabodetabek yakni Rp 158 juta pada 2019 dan Rp 168 juta pada 2020. Harga ini sama dengan Maluku, Maluku Utara, Bali, Nusa Tenggara, Kepulauan Anambas, Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Sementara batasan nilai jual rumah di daerah lainnya beragam mulai yang paling murah Rp 140 juta hingga yang paling tinggi Rp 212 juta.

Adapun ketentuan lengkapnya yakni sebagai berikut:

1. luas bangunan tidalc melebihi 36 m2 (tiga puluh enam meter persegi).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X