KILAS

Para Pekerja Freeport Shalat Tarawih di Masjid Terdalam di Dunia

Kompas.com - 28/05/2019, 21:01 WIB
Para pekerja PT Freeport Indonesia menunaikan ibadah shalat isya dan tarawih pada bulan Ramadhan 2019 di Masjid Baabul Munawwar yang terletak 1.700 meter dari permukaan bumi. Dok. Humas InalumPara pekerja PT Freeport Indonesia menunaikan ibadah shalat isya dan tarawih pada bulan Ramadhan 2019 di Masjid Baabul Munawwar yang terletak 1.700 meter dari permukaan bumi.


KOMPAS.com - Selama bulan Ramadhan, kaum muslim berpuasa dan melakukan shalat tarawih selepas isya. Ibadah shalat tarawih berjamaah biasanya dilakukan di surau atau masjid terdekat kantor atau rumah.

Tapi, lain cerita bila ibadah shalat tarawih dilakukan di lokasi yang tak lumrah, di perut bumi misalnya. Inilah yang dialami para karyawan PT Freeport Indonesia.

Para pekerja tambang tersebut menunaikan shalat tarawih di Masjid Baabul Munawwar yang berada di kedalaman 1.700 meter dari permukaan bumi.

Masjid yang berlokasi di Tembagapura, Timika, Papua itu diresmikan pada Juni 2016. Manajemen PT Freeport Indonesia sengaja membangun tempat ibadah di perut bumi agar para karyawan bisa menunaikan shalat 5 waktu.

Para pekerja PT Freeport Indonesia berbuka puasa di Masjid Baabul Munawwar yang terletak 1.700 meter dari permukaan bumi pada bulan Ramadhan 2019 .Dok. Humas Inalum Para pekerja PT Freeport Indonesia berbuka puasa di Masjid Baabul Munawwar yang terletak 1.700 meter dari permukaan bumi pada bulan Ramadhan 2019 .
Para pekerja yang berada di salah satu lokasi tambang terbesar di Indonesia itu juga biasa berbuka puasa bersama di masjid yang bermakna “pintu tempat cahaya” tersebut.

“Adapun untuk kegiatan selama bulan Ramadan, kita usahakan setiap hari Jumat itu paling tidak seminggu sekali kami adakan buka bersama di Masjid Baabul Munawwar,” ujar Budi Sutrisna, karyawan PT Freeport Indonesia yang juga merupakan pengurus Masjid Baabul Munawwar dalam siaran tertulis, Selasa (28/5/2019).

Sehari-hari, Budi bertugas sebagai general foreman di Deep Mill Level Zone (DMLZ) atau tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia.

Baca juga: Tambang Grasberg Tutup, Freeport Lanjut dengan Underground Mine

Karyawan yang aktif mengikuti kegiatan di Masjid Baabul Munawwar kebanyakan berasal dari bagian operasional tambang bawah tanah seperti bagian mekanik, konstruksi, operator, elektrik, dan instrument.

Saat berbuka puasa, para pekerja menghentikan pekerjaannya sejenak untuk membatalkan puasa, sekaligus menunaikan ibadah shalat magrib.

Setelah itu, mereka kembali ke pos masing-masing untuk kemudian berkumpul kembali di masjid dan menunaikan shalat isya serta tarawih.

Para pekerja PT Freeport Indonesia menunaikan shalat isya dan tarawih selama bulan Ramadhan 2019 di Masjid Baabul Munawwar yang terletak 1.700 meter dari permukaan bumi.Dok. Humas Inalum Para pekerja PT Freeport Indonesia menunaikan shalat isya dan tarawih selama bulan Ramadhan 2019 di Masjid Baabul Munawwar yang terletak 1.700 meter dari permukaan bumi.
Di antara shalat magrib dan isya, para karyawan biasanya mengikuti safety meeting di bagiannya masing-masing. Pertemuan ini digelar untuk mengingatkan para pekerja tentang keselamatan kerja. 

“Bagaimanapun juga keselamatan kerja merupakan prioritas utama,” kata dia.

Setelah mereka selesai pembagian tugas, sekitar kurang lebih setengah jam, mereka kembali ke masjid untuk melaksanakan shalat isya secara berjamaah dan dilanjutkan tarawih.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X