Pedagang, Buruh, hingga Marbot Masjid Ikut Mudik Gratis Pertamina

Kompas.com - 29/05/2019, 09:16 WIB
PT Pertamina (Persero) memberangkatkan 11.000 pemudik secara gratis. Seremoni pelepasan dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/5/2019). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA KEMALAPT Pertamina (Persero) memberangkatkan 11.000 pemudik secara gratis. Seremoni pelepasan dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memberangkatkan 11.000 pemudik secara gratis, Rabu (29/5/2019). Pesertanya berasal dari berbagai kalangan, yakni mekanik bengkel, sopir truk tanki, pedagang, buruh, tenaga outsourcing, pengendara ojek, pembersih jalan dan marbot masjid.

Di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, sebanyak 79 bus diberangkatkan dengan tujuan Surabaya, Kudus, Semarang, Wonogiri, Yogyakarta, Purwokerto, Wonosobo, Purworejo, Mojokerto, Kuningan, Prabumulih dan Palembang.

Direktur Sumber Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina Kushartanto Koeswiranto mengatakan, jumlah yang diberangkatkan lebih besar dibandingkan tahun lalu sebesar 8.072 orang.

Baca juga: Lonjakan Peminat Mudik Gratis Dongkrak Ekonomi Daerah

"Insya Allah hari ini kita kita lepas bersama yang mudik, didukung aparat keamanan. Sehingga masyarakat bisa bersilaturahim bersama keluarga di kampung halaman," ujar Kushartanto di TMII, Jakarta, Rabu.

Selain 11.000 orang dari Pertamina, ditambah lagi dari anak usaha mereka PGN sebanyak 3.000 dan melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebanyak 1.000 pemudik.

Tak hanya dari Jakarta, Pertamina juga memberangkatkan pemudik dari Pekanbaru sebanyak 5 bus yang mengangkut pemudik menuju Padang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ribuan Orang Mudik Gratis Menggunakan Kapal

Selain jalur darat, Pertamina juga memfasilitasi perjalanan lewat jalur laut. Jika tahun sebelumnya keberangkatan hanya dari Makassar, maka tahun ini titik keberangkatan ditambah dari Jakarta dan Surabaya, dengan 8 rute ke 5 kota tujuan yaitu Surabaya, Makassar, Ambon, Bau Bau dan Sampit.

Total pemudik yang diberangkatkan dengan kapal laut mencapai 6.300 orang.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman memastikan seluruh bus yang digunakan telah melewati proses pengecekan dan prosedur keamanan. Semua bus juga dilengkapi dengan alat P3K, live tracking, dan tool kit seperti ban serep.

Selain itu, disiapkan 2 orang pengemudi untuk mengantisipasi kelelahan selama menghantar pemudik ke kota tujuan.

Baca juga: Kurangi Kecelakaan Lalu Lintas, Jasa Raharja Adakan Mudik Gratis

“Demi menjaga keselamatan penumpang, seluruh pengemudi juga wajib menjalani tes kesehatan untuk memastikan pengemudi dalam kondisi bugar," kata Fajriyah.

Selain itu, Pertamina juga memberikan asuransi untuk semua pemudik bis dari Jakarta dan Pekanbaru dari anak perusahaan Pertamina yaitu Asuransi Tugu Pratama Indonesia. Sedangkan untuk pemudik dengan kapal laut, asuransi sudah termasuk dalam biaya tiket.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X