Kementerian BUMN Ajak Masyarakat Transaksi Pakai LinkAja selama Mudik

Kompas.com - 29/05/2019, 11:21 WIB
Ilustrasi LinkAja LinkAjaIlustrasi LinkAja

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi pembayaran nontunai besutan BUMN, LinkAja, diyakini dapat mempermudah masyarakat bertransaksi selama mudik Lebaran.

Oleh karena itu, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengajak peserta mudik gratis Pertamina untuk menggunakan aplikasi keuangan digital itu.

"Tidak perlu bawa dompet, kalau tidak ada ATM bisa menggunakan itu," ujar Fajar di TMII, Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Baca juga: LinkAja Diluncurkan Setelah Lebaran

Fajar mengatakan, menggunakan LinkAja akan membuat pembayaran apapun menjadi mudah dan praktis. Bahkan, tanpa memegang uang tunaipun bisa belanja makanan dan minuman di merchant tertentu sepanjang perjalanan.

"Selain bisa untuk bayar, kita bisa jualan juga dengan LinkAja," kata Fajar.

Pertamina memberangkatkan 11.000 pemudik secara gratis ke berbagai daerah di Indonesia. Pesertanya berasal dari berbagai kalangan, yakni mekanik bengkel, sopir truk tanki, pedagang, buruh, tenaga outsourcing, pengendara ojek, pembersih jalan dan marbot masjid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kembangkan Pembayaran Halal, LinkAja Syariah Segera Meluncur

Di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, sebanyak 79 bus diberangkatkan dengan tujuan Surabaya, Kudus, Semarang, Wonogiri, Yogyakarta, Purwokerto, Wonosobo, Purworejo, Mojokerto, Kuningan, Prabumulih dan Palembang.

Tak hanya dari Jakarta, Pertamina juga memberangkatkan pemudik dari Pekanbaru sebanyak 5 bus yang mengangkut pemudik menuju Padang.

Selain jalur darat, Pertamina juga memfasilitasi perjalanan lewat jalur laut. Jika tahun sebelumnya keberangkatan hanya dari Makassar, maka tahun ini titik keberangkatan ditambah dari Jakarta dan Surabaya, dengan 8 rute ke 5 kota tujuan yaitu Surabaya, Makassar, Ambon, Bau Bau dan Sampit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.