Empat Menteri Kabinet Kerja Cek Kesiapan Jalur Mudik di Nagreg

Kompas.com - 29/05/2019, 14:57 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan kesiapan mudik di wilayah Nagreg, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Rabu (29/5/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGAMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan kesiapan mudik di wilayah Nagreg, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Rabu (29/5/2019).

NAGREG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi bersama tiga menteri Kabinet Kerja mengecek persiapan jalur mudik di Nagreg-Limbangan, Provinsi Jawa Barat, Rabu (29/5/2019).

Setelah mendarat di Lapangan Bola Daritadi Atmaja, Nagreg, Kabupaten Bandung, Budi bersama tiga menteri lainnya disambut oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi berserta pejabat setempat.

Tiga menteri lainnya ialah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan (Menkes) Nilla Moeloek, dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Setelah itu, rombongan langsung meninjau kesiapan jalur mudik di Posko Pelayanan Cikaledong, Nagreg.Tidak lama berselang, para menteri dan rombongan melanjutkan peninjauan ke Posko Pelayanan Lodaya, ruas Jalan Pasar Limbangan, Kabupaten Garut. 

Baca juga: Penerbangan ke Jakarta Kosong, Menhub Imbau Maskapai Beri Diskon

Menhub mengatakan, jalur tol Trans Jawa akan menjadi favorit pemudik untuk tahun ini dan dipredikasi akan terjadi kepadatan kendaraan. Guna menghindari itu, pemudik yang gunakan kendaraan pribadi bisa memilih jalur selatan sebagai alternatif.

"Jalur selatan bisa menjadi alternatif yang baik untuk dilewati para pemudik, karena kondisinya dipastikan siap untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini," kata Budi di Jawa Barat, Rabu (29/5/2019).

Budi menuturkan, meskipun jalan tol Trans Jawa jadi pilihan utama, ada baiknya para pemudi juga menggunakan jalan non tol seperti jalur selatan. Pasalnya, kondisi dan kualitas jalan non tol juga terbilang baik.

“Oleh karenanya kami melihat ini supaya memastikan jalan selatan ini berjalan dengan baik dan jalur selatan telah siap untuk menghadapi arus mudik dan balik tahun ini,” ujarnya.

Sementara itu, Puan Maharani menambahkan, kunjungan ini dilakukan untuk melihat persiapan dan pengaman jalur mudik ini jelang beberapa hari memasuki Lebaran.

"Ini H-7 menjelang Lebaran, kami memantau arus mudik yang sudah akan mulai dilakukan masyarakar," katanya.

Menko PMK ini menuturkan, persiapan mulai dari lalu lintas, jalur alternatif, hingga posko kesehatan sudah rampung dipersiapkan. Selain itu langkah antisipasi kemacetan juga sudah dilakukan. 

"Kanalisasi gimana pengaturan arus satu arah dan kemudian nanti akan membuat jalur-jalur tertentu agar tidak macet sudah dilakukan kepolisian, bekerja sama dengan Bupati juga Pemda dan Kementerian terkait. Untuk kesehatan juga sudah disiapkan posko kesehatan, untuk arus mudik alternatif juga sudah disiapkan atas nama pemerintah," tambahnya.

Usai mengecek dan memastikan kesiapan jalur mudik aman di jalur Nagreg-Limbangan, Menhub beserta para menteri lainnya kembali lagi ke Lapangan Bola Daritadi Atmaja, Nagreg, Kabupaten Bandung dan bertolak ke Jakarta menggunakan helikopter milik Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X