Kompas.com - 29/05/2019, 15:31 WIB
Ilustrasi Singapura. Pixabay/cegohIlustrasi Singapura.

LAUSANNE, KOMPAS.com - Singapura didapuk menjadi negara dengan daya saing terbaik di dunia untuk pertama kalinya sejakn tahun 2010. Ini berdasarkan pemeringkatan bertajuk IDM World Competitiveness Rankings.

Singapura berhasil menggeser posisi Amerika Serikat (AS) yang kini harus puas berada di peringkat 3. Adapun berada pada peringkat 2 adalah Hong Kong.

Dalam laporan resminya, Rabu (29/5/2019), IDM menyatakan kenaikan daya saing Singapura didorong majunta infrastruktur teknologi negara tersebut, ketersediaan tenaga kerja ahli, aturan imigrasi yang tidak menyulitkan, serta upaya-upaya efisien untuk mendirikan usaha.

Baca juga: Naik Signifikan, Daya Saing Indonesia di Posisi 32 Dunia

"Di tahun yang penuh ketidakpastian di pasar global karena pesatnya perubahan dalam lanskap politik internasional dan hubungan perdagangan, kualitas institusi tampaknya menjadi elemen dalam peningkatan kemakmuran. Kerangka kerja institusional yang kuat memberikan stabilitas bagi bisnis untuk berinvestasi dan berinovasi, memastikan kualitas hidup yang lebih tinggi bagi warganya," kata Arturo Bris, profesor IMD dan direktur IMD World Competitiveness Center.

Para ekonom memandang daya saing sebagai hal penting untuk menjaga kesehatan ekonomi suatu negara dalam jangka panjang. Sebab, daya saing dapat mendukung kalangan bisnis mencapai pertumbuhan yang berkesinambungan, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

IMD menyusun peringkat daya saing berdasarkan 4 kategori, yakni kinerja ekonomi, infrastruktur, efisiensi pemerintah, dan efisiensi dalam berusaha.

Baca juga: Indonesia di Posisi 25 Daya Saing Ketertarikan Investasi Migas

Berikut ini adalah 10 negara dengan daya saing terbaik di dunia versi IDM.

  1. Singapura
  2. Hong Kong
  3. Amerika Serikat
  4. Swiss
  5. Uni Emirat Arab (UEA)
  6. Belanda
  7. Irlandia
  8. Denmark
  9. Swedia
  10. Qatar
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.