Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Pastikan Peserta Mudik Gratis Dilindungi Asuransi

Kompas.com - 29/05/2019, 16:40 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memastikan keamanan kendaraan maupun peserta mudik gratis yang diberangkatkan hari ini, Rabu (29/5/2019).

Pertamina sendiri memberangkatkan 11.000 pemudik secara gratis, antara lain dengan bus tujuan Surabaya, Kudus, Semarang, Wonogiri, Yogyakarta, Purwokerto, Wonosobo, Purworejo, Mojokerto, Kuningan, Prabumulih dan Palembang.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, mengatakan, Pertamina melindungi para pemudik dengaan asuransi.

"Pertamina memberikan asuransi untuk semua pemudik bus dari Jakarta dan Pekanbaru dari anak perusahaan Pertamina yaitu Asuransi Tugu Pratama Indonesia," ujar Fajriyah di Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Baca juga: Arus Mudik, Truk Pengangkut Sembako Tetap Boleh Melintas

Sementara untuk pemudik dengan kapal laut, asuransi sudah termasuk dalam biaya tiket. Tahun ini, titik keberangkatan menggunakan kapal berasal dari Makassar, Jakarta, dan Surabaya, dengan 8 rute ke 5 kota tujuan yaitu Surabaya, Makassar, Ambon, Bau Bau dan Sampit.

Fajriyah menambahkan, seluruh kendaraan bus yang digunakan telah melewati proses pengecekan dan prosedur keamanan. Semua bus juga dilengkapi dengan alat P3K, live tracking, dan tool kit seperti ban serep. Selain itu, disiapkan 2 orang pengemudi untuk mengantisipasi kelelahan selama mengantar pemudik ke kota tujuan.

“Demi menjaga keselamatan penumpang, seluruh pengemudi juga wajib menjalani tes kesehatan untuk memastikan pengemudi dalam kondisi bugar," kata Fajriyah.

Jumlah masyarakat yang diberangkatkan mudik gratis oleh Pertamina meningkat 36 persen dari tahun sebelumnya sebesar 8.072 orang. Pesertanya berasal dari berbagai kalangan, yakni mekanik bengkel, sopir truk tanki, pedagang, buruh, tenaga outsourcing, pengendara ojek, pembersih jalan dan marbot masjid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com