Transaksi Shopee Melonjak 300 Persen Saat Ramadhan, Ini Sebabnya

Kompas.com - 29/05/2019, 22:24 WIB
Konferensi pers pencapaian Shopee di program Ramadhan 1440 H dalam acara Sambut Hari Kemenangan Bersama Shopee di Jakarta, Rabu (29/5/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAKonferensi pers pencapaian Shopee di program Ramadhan 1440 H dalam acara Sambut Hari Kemenangan Bersama Shopee di Jakarta, Rabu (29/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Shopee, salah satu perusahaan e-commerce mencatatkan rekor peningkatan transaksi hingga 300 persen pada Ramadhan tahun ini.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, peningkatan ini lebih besar dibanding peningkatan di bulan-bulan Ramadhan tahun sebelumnya.

"Transaksi mengalami peningkatan mencapai 300 persen dibanding program Ramadhan tahun lalu. Peningkatan transaksi ini meningkat 3 kali lipat dari jumlah transaksi tahun lalu," kata Handhika Jahja di Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Handhika mengatakan, pesatnya peningkatan transaksi berada di 5 kategori, yaitu kecantikan, busana muslim, hp dan aksesoris, perlengkapan rumah, dan otomotif dengan jumlah order terbanyak di kota Bandung, Jakarta, dan Surabaya.

"Yang paling pesat peningkatannya itu berada di kecantikan dan busana muslim karena mungkin mau lebaran. Tapi yang unik adalah kategori otomotif, yang juga mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun kemarin," ungkap Handhika.

Baca juga: Ini 5 Tips Belanja Online Saat Banyak Promo Ramadhan

Menurut Handhika, peningkatan kategori otomotif terjadi karena saat ini kategori tersebut merupakan salah satu fokus utama Shopee. Apalagi, dulu Shopee dikenal sebagai e-commerce perempuan.

"Kalau bisa dibilang otomotif mungkin menjadi kategori yang sedang kita fokuskan. Contohnya, kita menjadi sponsor utama untuk IMS di bulan lalu sehingga efeknya meningkatkan transaksi di kategori otomotif," pungkas Handhika.

Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee menambahkan, pemilihan moda transportasi pemudik tahun ini juga menjadi salah satu faktor meningkatnya transaksi kategori otomotif. Sebab, pemudik tahun ini lebih memilih jalur darat saat tiket pesawat mahal.

"Saya rasa ditambah sama mudik, sih. Karena persiapan mudik pasti banyak dan kalau diperhatikan barang-barang di Shope menarik untuk otomotif. Apalagi kayaknya tahun ini banyak yang pakai angkutan darat dibanding udara. Mungkin itu salah satu faktornya," ucap Rezki.

Selain mengalami peningkatan transaksi selama Ramadhan, GMV Shopee di kuartal I-2019 pun telah mencapai 3,5 miliar dollar AS. Bisnisnya telah meningkat lebih dari 80 persen secara tahunan (yoy) dengan jumlah download e-commerce terbanyak sekitar 80 juta orang.

Baca juga: Puncak Transaksi Belanja Online Diprediksi Saat Uang THR Cair



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X