Sistem Satu Arah Saat Mudik Diubah, Catat Waktu Pemberlakuannya

Kompas.com - 29/05/2019, 22:49 WIB
Foto udara Jalan Tol Cikopo-Palimanan KM 146 di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (19/5/2019). Pemerintah akan menerapkan sistem pemberlakuan lalu lintas satu arah di ruas Tol Trans Jawa dari KM 29 Cikarang ke KM 263 Brebes pada 30 Mei hingga 2 Juni untuk mengurai kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak AFoto udara Jalan Tol Cikopo-Palimanan KM 146 di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (19/5/2019). Pemerintah akan menerapkan sistem pemberlakuan lalu lintas satu arah di ruas Tol Trans Jawa dari KM 29 Cikarang ke KM 263 Brebes pada 30 Mei hingga 2 Juni untuk mengurai kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan sistem satu arah atau one way saat mudik Lebaran 2019 mengalami perubahan.

Bila awalnya one way akan dilakukan pada KM 29 Cikarang Utama sampai KM 263 Brebes Barat, kini sistem itu dimulai dari KM 70 Cikampek Utama.

Lantas kapan pemberlakukan sistem one way Menurut Direktur Perhubungan Darat Budi Setiadi, one way akan berlaku saat arus mudik pada 30 Mei-2 Juni 2019 mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Sementara itu saat arus balik, one way akan diterapkan mulai KM 179 Palimanan sampai KM 70 Cikampek Utama pada 8-10 Juni 2019 pukul 12.00 - 24.00 WIB.

Baca juga: Gerbang Tol Salatiga dan Boyolali Bakal Diberlakukan Sistem Satu Arah Pada Puncak Arus Mudik

Untuk mengantisipasi kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, pemerintah akan menerapkan kebijakan khusus yakni berupa contra flow.

"Akan diberlakukan contra flow dari Jakarta hingga Cikampek Utama oleh Korlantas," kata Budi.

Diharapkan dengan kebijakan itu arus lalu lintas bisa lancar sehingga para pemudik bisa sampai tempat tujuan lebih cepat. Adapun untuk kendaraan yang mengarah ke Jakarta bisa melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Hal ini dinilai Budi penting agar bus-bus AKAP dari Jawa Tengah dan Jawa Timur tidak terlambat tiba di Jakarta untuk kembali mengangkut pemudik di terminal.

Baca juga: Sistem Satu Arah di Tol Diterapkan, Ini Tips dari Menhub

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X