Wamen ESDM: Pasokan BBM Aman Selama Libur Lebaran

Kompas.com - 30/05/2019, 07:40 WIB
Ilustrasi SPBUKOMPAS/PRIYOMBODO Ilustrasi SPBU

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan pasokan Bahan Bakar Minyak ( BBM) aman selama libur Lebaran tahun ini. Stok BBM dipastikan cukup memenuhi kebutuhan pemudik.

"Menjelang Lebaran yang akan segera datang, kami di Kementerian ESDM terus bekerja keras untuk memastikan bahwa semua pasokan energi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Terutama kebutuhan BBM yang akan menjadi sumber energi bagi jutaan pemudik yang akan melintasi berbagai wilayah di seluruh Indonesia," kata Arcandra lewat akun Facebook miliknya seperti dikutip Kompas.com, Kamis (30/5/2019).

Arcandra menuturkan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah melakukan  kunjungan ke terminal BBM Plumpang, Jakarta untuk melihat kondisi terkini. Pada masa mudik Lebaran 2019, prediksi rata-rata ketahanan stok nasional BBM rata-rata minimal 21 hari.

Baca juga: Konsumsi BBM di Tol Meningkat 40 Persen saat Musim Mudik Lebaran 2019

"Seperti Premium (21 hari), Pertalite (21 hari), Pertamax (22 hari), Biosolar (26 hari), Dexlite (27 hari), dan Dex (35 hari). Sedangkan untuk Avtur mencapai 48 hari," jelasnya.

Dia menjelaskan, khusus Terminal BBM Plumpang, rata-rata harian penyaluran untuk konsumen SPBU pada saat hari normal mencapai 15.361 kiloliter (KL) dan pada masa mudik kali ini (H-7 dan H+7) dengan puncak penyaluran (H-6) diperkirakan mencapai 20.378 KL (penambahan dari peralihan TBBM Cikampek dampak kebijakan one way).

Terminal BBM Plumpang, dengan kapasitas total tangki 322.255 KL. TBBM ini melayani sekitar 791 SPBU, memiliki 24 tangki penimbunan dengan rincian 7 tangki untuk jenis Premium, 5 tangki untuk Solar, dan 7 tangki untuk jenis Pertamax.

"2 tangki untuk jenis Pertamax Turbo (kapasitas 11.106 KL), 1 tangki Pertamina Dex (kapasitas 9.461 KL), 2 tangki untuk jenis FAME (kapasitas 21.563 KL)," jelas Arcandra.

Baca juga: Wamen ESDM: Kereta Api Dapat Mengurangi Konsumsi BBM

Ia mengungkapkan, Terminal BBM Plumpang memasok sekitar 20 persen kebutuhan BBM harian di Indonesia atau sekitar 25 persen dari total kebutuhan SPBU Pertamina. Selain itu, stok LPG Nasional Untuk periode Hari Raya Idul Fitri 1440 H, perkiraan ketahanan stok rata-rata 17 hari.

"Kepada masyarakat yang hendak berlibur dan berlebaran, pastikan BBM Anda cukup dan jaga kondisi jangan memaksakan diri ketika lelah," pungkasnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X