Tiket Pesawat Rp 21 Juta dan Rute Aneh Jadi Polemik Jelang Lebaran

Kompas.com - 30/05/2019, 15:00 WIB
Harga tiket pesawat rute Bandung-Medan ScreenshotHarga tiket pesawat rute Bandung-Medan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahalnya tiket pesawat masih jadi perbincangan hangat di masyarakat. Memasuki musim mudik Lebaran, polemik tiket pesawat kian memanas. Bagaimana tidak, harga tiket menjadi melambung tinggi dan penumpang harus transit di daerah lain sebelum mencapai daerah tujuan.

Sebagaimana yang viral belakangan ini, harga tiket Garuda Indonesia kelas bisnis rute Bandung-Medan dibanderol di atas Rp 21,9 juta. Namun, itu harga untuk kelas bisnis. Harga tiket tersebut bisa dilihat melalui platform penjualan tiket online seperti Traveloka dan Tiket.com.

Untuk menuju Medan, penumpang dari Bandung harus transit di Bali dan Cengkareng. Rute tersebut dianggap aneh dan berputar-putar sehingga membuat tiket menjadi mahal.

Baca juga: Garuda Indonesia Bantah Jual Tiket Bandung-Medan Seharga Rp 21 Juta

Bahkan, rute dari Bandung menuju Banda Aceh juga ada yang transit sampai 3 kali menggunakan Garuda Indonesia, yakni dari Bandung transit ke Bali, kemudian transit lagi di Lombok, transit di Jakarta, baru dari Jakarta ke Banda Aceh. Untuk rute ini, harga tiketnya Rp 18,5 juta.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

1. Mahal karena transit

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Garuda Indonesia membantah menjual tiket rute Bandung-Medsn sebesar Rp 21 juta. VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan, harga tiket tersebut bukan merupakan penerbangan langsung melainkan transit.

"Bukan penerbangan langsung, tapi melibatkan banyak kota sebagai transit, yaitu Bandung-Denpasar-Jakarta-Kualanamu dan memutar jauh sehingga harganya menjadi mahal," ujar Ikhsan.

Garuda Indonesia sendiri tidak punya rute langsung Bandung-Medan, melainkan Jakarta-Medan. Itupun harganya sebesar Rp 2,1 juta. Dengan demikian, tak heran harganya jadi melambung tinggi karena rutenya berputar-putar.

Baca juga: Heboh Tiket Pesawat Rp 21 Juta, Ini Komentar Kemenhub

2. Masyarakat diminta cermat beli tiket online

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.