Minggu Terakhir Mei 2019, Inflasi Masih Terkendali

Kompas.com - 31/05/2019, 14:16 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat memaparkan kestabilan inflasi di Kompleks Masjid BI Jakarta, Jumat (31/5/2019) KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat memaparkan kestabilan inflasi di Kompleks Masjid BI Jakarta, Jumat (31/5/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia ( BI) Perry Warjiyo memproyeksi inflasi di minggu kelima bulan Mei 2019 tidak jauh berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya. Bahkan, angka inflasi di minggu keempat dan kelima persis sama, yaitu 0,47 persen (mtm) dan 3,1 persen (yoy).

"Berdasarkan Survei Pemantauan Harga Bank Indonesia, kita perkirakan inflasi di minggu ke-5 berada di angka 0,47 persen (mtm) dan 3,1 persen (yoy)," sebut Perry di Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Inflasi ini masih sama dengan inflasi minggu keempat Mei 2019. Berdasarkan Survei Pemantauan Harga sampai minggu keempat Mei 2019, inflasi diperkirakan mencapai 0,47 persen secara bulanan dan 3,1 persen secara tahunan (yoy).

Baca juga: Ramadhan, Inflasi Diperkirakan Bisa Melonjak ke 3,4 Persen

Sedangkan, di minggu ketiga, Perry memprediksi inflasi berada di angka 0,51 persen secara bulanan (mtm), lebih rendah dari rata-rata 3 tahun terakhir.

Faktor tinggi dan rendahnya Inflasi di minggu kelima papar Perry, pun masih sama dengan minggu ketiga dan keempat. Komoditas penyumbang inflasi masih cabai merah, daging ayam, bawang putih, dan beberapa buah.

"Sedangkan yang menurunkan inflasi masih bawang merah, beras, tarif angkutan udara, dan beberapa sayuran," papar Perry.

Baca juga: BI: Inflasi Mei Lebih Rendah dari Rata-Rata 3 Tahun Terakhir

Perry menyebut, rendahnya angka inflasi menunjukkan komitmen dari berbagai pihak untuk bisa memastikan ketersediaan pangan berjalan baik selama Ramadhan.

"Alhamdulillah harga-harga terpantau rendah dan terkendali. Kecukupan stok di Indonesia terpantau baik dan ini menunjukkan komitmen kita semua untuk memastikan ketersediaan pangan terjaga baik dan membuat harga pangan terkendali," ucapnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X