Antisipasi Kemacetan, Kemenhub Imbau Pemudik Tak Berhenti di Bahu Tol

Kompas.com - 31/05/2019, 15:13 WIB
Kepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan. KOMPAS/RIZA FATHONIKepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau pemudik agar tak berhenti di bahu jalan tol untuk beristirahat. Pasalnya, hal tersebut bisa mengganggu kelancaran di ruas jalan tol.

Ketua Harian Posko Mudik Nasional Kemenhub Arif Toha Tjahjagama mengatakan, jika memang rest area terdekat dalam kondisi penuh, pemudik dianjurkan untuk keluar dari jalan tol dan mencari tempat beristirahat di jalur arteri.

"Apabila memang kelelahan tidak dapat tempat di rest area keluar dulu dari tol, di jalan arteri cari makan kan banyak kuliner, makan-makan di luar baru nanti masuk lagi," ujar Arif di Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Baca juga: Imbas One Way, Jalur Cirebon-Karawang Siap-siap Macet

Arif mengakui, jumlah rest area di sepanjang tol, baik di Trans-Jawa dan Trans-Sumatera yang beberapa ruasnya masih beroperasi fungsional belum cukup ideal jika dibandingkan dengan volume kendaraan yang melonjak selama periode mudik Lebaran.

Sehingga, petugas di lapangan pun dianjurkan untuk memberi arahan kepada pemudik yang ingin beristirahat di rest area.

"Teman-teman di lapangan yang mengarahkan itu apakah rest area masih bisa nampung atau enggak," ujar dia.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X